oleh

BCA Lanjutkan Tanam Mangrove di Blanakan Subang

[dropcap]S[/dropcap]UBANG – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melakukan berbagai rangkaian kegiatan sosial dalam memperingati ulang tahun ke-58. Bersama organisasi lingkungan World Wide Funds for Nature (WWF) Indonesia dan Kelompok Tani Lestari menanam dua ribu pohon Mangrove di Desa Langensari, Kecamatan Blanakan, Subang, belum lama ini. Hadir dalam penanaman Mangrove tersebut Kepala BCA Kantor Wilayah I Gunawan Budi Santoso, Head Of CSR BCA Sapto Rachmadi, Manajer Marketing WWF Indonesia Adji Santoso dan Perwakilan Kelompok Tani Lestari Syamsudin.

Gunawan mengatakan, Penanaman Mangrove sebagai bagian dari ungkapan rasa syukur atas 58 tahun usia BCA. ”Kegiatan yang kami lakukan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari penanaman pohon yang telah kami laksanakan di Ekowisata Mangrove di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu merehabilitasi kawasan Mangrove di kawasan ini,” ujar Gunawan, belum lama ini.

Desa Langensari di Kecamatan Blanakan, Subang, menjadi salah satu kawasan lokasi penanaman Mangrove karena desa ini merupakan sentral produksi perikanan. Kawasan di desa ini sangat tergantung oleh keberadaan Mangrove sebagai bagian dari ekosistem setempat dalam pengelolaan tambang dengan skema silvo-fishery (empang parit) dengan persentase 20 persen empang dan 80 persen tutupan vegetasi Mangrove. Adapun jenis Mangrove yang ditanam antara lain Avicenna Marina, Rhizopora Stylosa, dan Rhizopora Mucronata. Menurutnya, Avicenna Marina bisa dimanfaatkan sebagai bahan tepung dan pupuk kompos. Sementara Rhizophora mucronata dan R. Stylosa berfungsi untuk mencegah erosi atau abrasi bibir-bibir tambak.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga