Aher Minta Mentan Stop Impor Beras

’’Bulog harus mengisi kekosongan beras jangan cari untung. Jangan seperti spekulan, saat murah ditahan saat mahal dilepas. Namun setiap melihat ada kekosongan stok di pasar atau terjadi gejolak harga harus langsung turun tangan,’’ katanya.

Irman menambahkan, stok beras akan semakin melimpah mulai April. Sebab, panen raya sudah dimulai. Apalagi di wilayah pantai utara seperti Indramayu panen sudah mulai dilakukan. ’’Menurut saya tidak perlu impor,’’ tegasnya.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Jabar Alip Afandi mengatakan, kegiatan penyaluran raskin sejak Februari sudah dilakukan termasuk melakukan operasi pasar beras di beberapa daerah di Jabar. Untuk raskin sendiri, menurutnya sudah digelontorkan hingga 65 ribu ton. ’’Kami terus pasok raskin dan OP, dan sekarang harga beras sudah cenderung turun,’’ ujarnya.

Selain itu cadangan beras yang ada di wilayah pantura khususnya Indramayu dan Cirebon sudah mulai dipasok ke kota lain yang belum mulai masuk masa panen seperti Bandung. Menurutnya Indramayu dan Cirebon sudah mulai panen raya sehingga sudah mulai dilakukan penyerapan. ’’Kami penuhi gudang di sana dengan serapan gabah, berasnya kita kirim ke sub divre lain yang mulai berkurang,’’ katanya. (wid/rmo/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan