oleh

Pemkot Peringati HUT Damkar

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi mengglar peringatan HUT Pemadam Kebakaran Nasional (Damkar) ke-96 di Komplek perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, kemarin (9/3). Pada kegiatan itu, turut hadir pula para Kader MAGAKAR (Masyarakat Siaga Kebakaran), PMI dan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) se-Kota Cimahi.

Wali Kota Cimahi Atty Suharti Mengatakan, bencana dan kebakaran menjadi tanggung jawab daerah sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. Dimana, pencegahan dan penanggulangan kebakaran merupakan urusan concurrent bagi pemerintah dan urusan wajib yang bersifat pelayanan dasar bagi pemerintah daerah.

Atty menambahkan, seluruh anggota UPTD Damkar harus meningkatkan pemahaman dan kemampuannya terhadap berbagai macam prosedur yang harus diikuti selama menjalankan tugas-tugas keseharian.

”Seorang petugas pemadam kebakaran masa kini tentu tidak bisa mengandalkan insting semata, namun juga harus memahami berbagai pengetahuan teknis terkait dengan spesifikasi bangunan dan berbagai material berbahaya lainnya,” tambahnya

Atty pun berharap satuan pemadam kebakaran dapat terus menjadi instrumen penting dalam menjaga kesiapsiagaan bencana kebakaran. ”Ya, untuk kedepannya semoga satuan pemadam kebakaran dapat lebih siaga lagi,”pungkanya. (mg18/asp)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga