BKPD Jabar Suntik KRPL

SOREANG – Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Jawa Barat, akan memberikan dana hibah kepada 150 kelompok Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di 12 kecamatan Kabupaten Bandung. Setiap kelompok nantinya akan memperoleh dana hibah masing-masing sebesar Rp 26.500.000, untuk pengadaan bibit dan peralatan.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam mengembangkan KRPL di seputaran bantaran Sungai Citarum, dari mulai hulu sampai hilir. ’’Saya sangat terinspirasi oleh gagasan Bapak Dadang Naser yang mengembangkan KRPL ini di berbagai wilayah pedesaan, untuk mendukung ketahanan pangan,’’ ungkap Kepala BKPD Jawa Barat Dewi Sartika kepada wartawan, saat acara Sosialisasi dan Pencanangan KRPL Citarum Bestari di Gedung Mochamad Toha, Soreang, beberapa waktu yang lalu.

Menurut Dewi, pengembangan KRPL di bantaran Sungai Citarum akan melibatkan pula warga yang berada di sekitar lokasi tersebut. ’’Hasil dari KRPL ini bisa dikonsumsi sendiri atau dijual ke berbagai supermarket,’’ kata Dewi.

Pengembangan KRPL di bantaran sungai tersebut, merupakan salah satu langkah yang ditempuh oleh pemerintah untuk memotivasi masyarakat yang berada di seputar bantaran sungai, agar mau memanfaatkan bantaran sungai sebagai lahan tanaman produktif.

Menurut Bupati Bandung Dadang M. Naser, KRPL dengan sistem hidroponik sengaja dikembangkan di wilayahnya sebagai salah satu upaya untuk ketahanan pangan. Dia melihat, setiap tahun jumlah penduduk terus meningkat, sementara lahan yang tersedia sangat terbatas. ’’Untuk penyediaan pangan penduduk ini, tidak ada jalan lain untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai lahan pertanian produktif,’’ tuturnya.

Upaya lain yang ditempuh Pemkab Bandung untuk meningkatkan ketahanan pangan, di antaranya penyediaan sawah abadi disetiap desa, pembentukan brigade proteksi tanaman sabilulungan, perbaikan saluran irigasi, penyediaan lumbung pangan masyarakat, penyediaan cadangan pangan pemerintah daerah, pembentukan desa mandiri pangan serta memasyarakatkan diversifikasi pangan.

Dengan upaya tersebut, Kabupaten Bandung sejak empat tahun lalu memperoleh tujuh penghargaan bidang pangan tingkat provinsi Jawa Barat dan Nasional. (mg15/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan