Ban Michelin Belum Imbang

SEPANG – Rentetan kecelakaan parah mewarnai ujicoba ban baru Michelin untuk MotoGP di Sepang, Malaysia kemarin (26/2). Empat pembalap tim pabrikan mengalami insiden dalam kecepatan tinggi di lokasi yang nyaris sama.

Aleix Espargaro (Suzuki), Jack Miller (LCR Honda), Jorge Lorenzo (Yamaha), dan Andrea Dovizioso (Ducati) semuanya terjatuh di Turn 3 (ke kiri) atau Turn 5 (ke kanan). Tikungan 5 juga menjadi TKP tiga kecelakaan pembalap factory awal bulan ini.

Dua celaka di tikungan 5 dialami Espargaro dan Miller. Sedangkan, Lorenzo dan Dovizioso terlempar di tikungan 3. Untungnya, semuanya mampu berdiri kembali tanpa cedera parah. Namun dari foto-foto yang beredar, tunggangan mereka mengalami rusak berat.

Tes ini adalah pertama kalinya pembalap menjajal ban prototipe Michelin yang dikembangkan untuk musim 2016. Pabrikan Jerman itu menggantikan Bridgestone sebagai pemasok ban kelas premium itu mulai tahun depan. Tiga hari beruntun sebelumnya, para rider masih menggunakan band Bridgestone.

Dari hasil ujicoba kemarin, Michelin mengakui, ban prototipe buatannya kurang stabil, baik dari sisi depan maupun belakang. ’’Stabilitas depan dan belakang biasanya hal yang sering terjadi di balap mobil. Tapi sekarang juga ditemui di motor balap,’’ terang Direktur Teknis Michelin Nicolas Goubert.

Pada dasarnya, lanjut Goubert, kecelakaan pada Tikungan 3 diakibatkan pembalap membuka tuas gas terlalu cepat. ’’Mungkin mereka ingin memanfaatkan potensi maksimal cengkeraman roda belakang tapi roda depan tidak mampu menerima reaksi dari pembukaan gas yang terlalu cepat,’’ paparnya via Crash.

Beberapa rider yang tidak mengalami kecelakaan mengatakan, tidak menggeber gas cepat-cepat saat keluar dari tikungan karena merasa cengkeraman roda depat belum sampai pada level terbaiknya. Goubert membela, ketidakseimbangan cengkeraman bisa diatasi dengan mengubah setingan motor. Tapi, modifikasi seperti itu tidak bisa dilakukan ketika menjajal beberapa set ban dengan karakter berbeda.

’’Menurutku, ini bukan hanya sekedar soal ban, tapi juga setingan motor. Tapi mereka tidak bisa melakukannya hari ini, karena tidak ada cukup waktu,’’ kilahnya.

Michelin membawa dua set ban depan dan tiga ban belakang yang berbeda. Goubert menambahkan, ketahanan ban bukan masalah bagi Michelin. Sebab, Marc Marquez mampu tampil konsisten dengan ban baru tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan