Lotus Makin Tokcer

Ganti Mesin dengan Mercedes

BARCELONA – Keputusan tim Formula 1 (F1) Lotus mengganti mesin dari Renault ke Mercedes pada musim 2015 mulai membuahkan hasil positif. Melakoni sesi uji coba di Barcelona, Spanyol, sepanjang akhir pekan lalu, Lotus berhasil menyudahi agenda tersebut dengan mencatat waktu paling cepat, 1 menit 24,067 detik, melalui pembalap mereka, Romain Grosjean.

Rekor waktu Grosjean tersebut lebih baik 0,254 detik dari pembalap tim Mercedes, Nico Rosberg, yang harus puas menempati urutan kedua. Padahal, dibanding Grosjean yang ‘cuma’ melahap 111 putaran, Rosberg melarikan jet daratnya lebih banyak 20 lap.

’’Kami membuat sejumlah pengembangan bagus, dengan keseimbangan dan setelan mobil terhadap lintasan pada hari ini. Perubahan itu membuat saya membalap lebih baik,” tutur Grosjean, dilansir situs resmi Formula 1, kemarin.

’’Kami menyelesaikan uji coba yang sangat menjanjikan, dan selalu menyenangkan untuk melihat nama Anda berada di atas pada layar catatan waktu. Meskipun, hasil ini masih terlalu dini,” sambung pembalap berkebangsaan Prancis itu.

Selain Grosjean dan Rosberg yang berada di urutan 1-2 pada sesi uji coba Barcelona tahun ini, pembalap yang timnya juga menggunakan mesin Mercedes, Williams dan Force India, juga mencatatkan waktu cukup oke. Valterri Bottas dari tim Williams-Mercedes, menempati posisi kelima, setelah membukukan waktu terbaik 1 menit 25,345 detik dalam kesempatan 129 lap. Sedangkan, Nico Hulkenberg yang membela Force India-Mercedes, menduduki urutan delapan dengan rekor 1 menit 26,91 detik dalam kesempatan 36 lap saja.

Sementara itu, pembalap anyar McLaren-Honda, Fernando Alonso, yang menabrak dinding pembatas antara tikungan 3 dan 4 saat tengah menjalani sesi uji coba pertama hari terakhir, Minggu (22/2), dikonfirmasikan mengalami gegar otak ringan. Menurut juru bicara McLaren, tidak ada cedera serius yang menimpa Alonso pasca insiden tersebut. ’’Alonso berada dalam keadaan sadar dan ia bisa berbicara dengan dokternya,” ujar juru bicara tim McLaren.

Akibat menjadi pembalap yang paling sebentar menjajal jet daratnya di Barcelona (20 putaran, red), Juara Dunia F1 2005 dan 2006 itu hanya mampu mencatat waktu terbaik terakhir, 1 menit 27,956 detik, atau lebih lambat 3,889 detik dari Grosjean. (fay/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan