oleh

Cianjur Gempa 5,0 SR

SINDANGBARANG – Gempa berkekuatan 5,0 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Cianjur kemarin (21/2). Persisnya di 137 kilometer barat daya. Namun, persistiwa itu tidak berpotensi tsunami.

Selain itu, guncangan juga tidak terlalu besar yang dirasakan oleh warga di beberapa perkampungan. Berdasarkan informasi yang diperoleh, gempa yang mengguncang wilayah Cianjur selatan (Cisel) tidak merusak sejumlah fasilitas umum, pemukiman, maupun korban lula-luka dan tidak ada korban jiwa.

Guncangan gempa hanya di rasakan di beberapa kecamatan saja, seperti di Kecamatan Cikadu, Cibinong, Cidaun, Sindangbarang, dan Agrabinta. ’’Guncangan gempa hanya terasa sedikit saja oleh warga di beberapa perkampungan. Gempa juga tidak berpoensi tsunami,’’ papar Kepala Seksi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Aep Lukmanurdin melalui telepon seluler, kemarin.

Berdasarkan laporan dari beberapa relawan BPBD, kata dia, gampa itu tidak merusak rumah maupun fasilitas umum. Namun, hingga saat ini petugas masih memantau di beberapa kecamatan. Terutama wilayah yang sebelumnya terjadi pergerakan tanah. ’’Meski tidak terjadi apa-apa, tapi kami sudah menginstruksikan kepada aparatur kecamatan dan desa agar mengimbau warganya waspada dari berbagai terjadinya bencana alam,’’ ungkapnya.

Adapun wilayah yang sebelumnya terjadi pergerakan tanah, lanjut dia, yakni Kecamatan Cikadu, Cibinong, Agrabinta, Campaka, Campakamulya, Sukanagara, Pagelaran, Cidaun, dan Tanggeung, jauh dari pusat titik gempa. Dengan begitu, aman dari bencana longsor.

’’Semua wilayah yang rawan bencana tetap menjadi pantauan kami. Petugas dan relawan juga masih terus memantau,’’ tegasnya.

Sementara itu, Sigit Firmansyah, 33, warga Kampung Bojongkoneng Desa Batulawang Kecamatan Cikadu mengaku, guncangan gempa hanya terasa sedikit saja. Meski begitu, warga sedikit panik karena gempa sering terjadi di wilayah Cisel. ’’Cuma kerasa sedikit saja. Jadi tidak ada rumah warga yang rusak,’’ kata dia.

Mamat Rahmat, 52, warga Kampung Sindanglaut Desa Sagaranten, Kecamatan Sindangbarang mengaku, bahwa guncangan gempa tidak dirasakan oleh warga di pesisir laut. Tapi, gempa dengan guncangan besar itu terjadi pada minggu lalu. ’’Kalau yang tadi sore itu tidak ada guncangan gempa. Kalau Sabtu lalu, gempa di sini memang besar,’’ pungkasnya. (red/hen)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga