oleh

Terry Masih Bek Tengah Terbaik

BEK Chelsea saat ini tengah menanti tawaran kontrak baru. Meski sudah berusia 34 tahun, John Terry selalu dipercaya untuk menggalang jantung pertahanan Chelsea di bawah arahan Jose Mourinho di setiap pertandingan musim ini. Di usia yang tidak lagi muda, Terry seakan ingin membuktikan bahwa ia masih bisa diandalkan di barisan pertahanan The Blues.

Terry-Chelsea
TOS DULU: Bek Chelsea Jhon Terry (kanan) dinilai masih menjadi palang pintu terbaik yang dimiliki The Blues meski kini usianya sudah menginjak 34 tahun.

Melihat penampilannya yang konsisten hampir di sepanjang musim ini, maka wajar saja mantan bek tim nasional Inggris tersebut menunggu adanya tawaran perpanjangan kontrak dari manajemen Chelsea. Adam Bate dalam penelitiannya di Sky Sports mencoba memaparkan mengapa Terry masih yang terbaik di lini pertahanan. ’’Dia tetap pemain Inggris terbaik di posisinya,’’ ujar pengamat sepakbola Sky Sports, Jamie Carrager, dalam kolomnya di Mail tahun lalu.

Mantan bek Liverpool itu memuji rival lamanya, dia paham betul bagaimana permainan John Terry. Banyak yang beranggapan bahwa bek terbaik di Premier League saat ini milik Manchester City, Vincent Kompany. Tak salah memang. Namun, konsistensi Terry membuat kasusnya menjadi lebih menarik.

Ada pun di Inggris, pilihan pertama Roy Hodgson di jantung pertahanan adalah rekan setim Terry di klub, Gary Cahill. Mari kita buat perbandingan. Menurut Opta, Cahill melakukan dua kali kesalahan lebih banyak yang menyebabkan lawan dengan mudah melepaskan tembakan di Premier League. Inilah yang menjadi alasan peraih gelar juara tiga kali Premier League itu tidak bisa diremehkan. Terry adalah satu-satunya bek dalam 20 tahun terakhir yang mampu menyabet penghargaan PFA ‘Player of the Year’. ’’Saya hanya berpendapat bahwa caranya dipandang mengaburkan kualitas permainannya,’’ tutur Carragher.

Terry adalah bek dengan tingkat penyelesaian passing terbaik ketiga di Premier League. Itu menjadi catatan yang mengesankan mengingat jangkauan passing-nya. ’’Kemampuannya pada bola tidak pernah dibicarakan,’’ ujar Carragher.

’’Berapa banyak pemain bertahan di dunia sepakbola dapat bermain dengan kaki terlemah mereka?’’ tuturnya.

Di samping catatan passing-nya yang begitu mengesankan, aspek lain dari permainan Terry juga kian membaik. Ada masa ketika ia harus beradaptasi dengan permainan dan harus mengorbankan dirinya sebagai hasil, tapi Terry selalu hadir di Premier League musim ini dan bahkan selalu diturunkan di setiap pertandingan.

’’Dia bermain di posisi di mana usia tidak membuat perbedaan besar,” terang manajer Chelsea Jose Mourinho kepada The Guardian musim lalu.

’’Ini adalah posisi di mana pemain lebih mengandalkan posisi, membaca permainan, dan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Pengalaman membantu,’’ imbuhnya.

Di saat banyak yang mempertanyakan pengaruhnya di luar lapangan, di lapangan dia adalah salah satu pemain yang paling penting. ’’John adalah pemain dengan banyak otoritas,’’ ungkap kiper muda Thibaut Courtois awal musim ini.

’’Ketika dia di depan Anda, dia seorang pemimpin sejati di ruang ganti dan di lapangan,’’ ucapnya.

Memang, kehadiran Terry sangat penting. Bahkan, Mourinho menepikan Courtois untuk memberikan tempat pada Petr Cech pada pertandingan tengah pekan melawan Everton ketika ia kemungkinan akan bermain tanpa kaptennya. ’’John Terry sakit di pagi hari dan absen pada pertandingan ini sampai saat terakhir jadi saya pikir saya memerlukan kepribadian dan kemampuan berkomunikasi Petr,’’ imbuhnya.

Di saat partner-nya di jantung pertahanan kerap membantu serangan, Terry mendapat tugas untuk meng-cover area yang ditinggalkan Cahill. Mengingat pembagian tanggung jawab dengan rekannya yang akan berusia 30 tahun akhir tahun ini, bisa jadi Cahill, dan bukannya Terry yang terancam dengan kehadiran Kurt Zouma. Itu terlihat sejauh musim ini dan tidak sulit membayangkan bagaimana agresifnya Zouma saat dimainkan dengan Terry. Sebuah kontrak baru tengah menanti dan itu pantas didapat untuk penampilan mengesankan sang kapten. (sup/far)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga