oleh

Proyek Waduk Ciawi, Target 2017 Bisa Dialiri

PU Pera Mulai Proyek Waduk Ciawi

JAKARTA – Proyek-proyek penanganan banjir mulai dipercepat. Salah satunya pembangunan waduk di wilayah Ciawi, Bogor. Waduk ini dipercaya bisa mengurangi debit air yang dikirim dari Bogor ke Jakarta.

BLUSUKAN: Presiden Joko Widodo saat meninjau salah satu lokasi untuk dijadikan sebagai waduk. Diharapkan dengan banyaknya pembuatan bendungan-bendungan tersebut yang akan membantu program penanganan bencana banjir.
BLUSUKAN: Presiden Joko Widodo saat meninjau salah satu lokasi untuk dijadikan sebagai waduk. Diharapkan dengan banyaknya pembuatan bendungan-bendungan tersebut yang akan membantu program penanganan bencana banjir.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Basuki Hadimuljono menuturkan, pembangunan akan mulai dikerjakan pada awal tahun ini. Pembangunan diawali dengan pengecoran jalan masuk menuju lokasi waduk.

’’Sedang kita mulai sekarang,’’ ujar Basuki saat ditemui usai rapat kerja bersama DPR di Jakarta Kamis (12/2).

Dia menambahkan, diwaktu yang sama, pihaknya juga tengah menyelesaikan sertifikasi analisis dampak lingkungan (amdal) untuk waduk yang terletak di Megamendung, Ciawi, Bogor itu.

Dia menargetkan, seluruh pembangunan dapat diselesaikan dalam waktu tiga tahun mendatang. ’’Kita harap tahun 2017 sudah bisa dialiri,’’ kata dia.

Meski sempat diragukan, pemerintah kembali menyatakan keseriusannya untuk segera membangun waduk ini. Hal itu ditunjukkan dari kesepakatan kolaborasi Kementerian PU Pera bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendanai proyek ini.

Pembagiannya, Kementerian PU Pera akan menanggung biaya pembangunan fisik sebesar Rp 1,9 Trliun. Sementara Pemprov DKI akan mendanai biaya pembebasan lahan sebesar Rp 1,2 Triliun.

Rencananya, waduk Ciawi ini akan dibangun seluas 107 hektar. Waduk diperkirakan dapat menampung 11,8 juta meter kubik air. Sehingga aliran sungai ciliwung dapat ditampung ke waduk tersebut.

Selain waduk Ciawi, pemerintah juga tengah mendalami rencana pembangunan waduk Sukamahi. Waduk ini pun diplotkan untuk dapat mengurangi debit air yang akan menuju Jakarta. Sehingga diharapkan dapat mengurangi resiko banjir yang selalu melanda ibukota. (mia/far)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga