Pecatur Jabar Juara Grand Master

Kejuaraan Catur Internasional Moscow Open 2015

BANDUNG – Prestasi membanggakan dicetak pecatur asal Jawa Barat, Grand Master Wanita (GMW) Irene Kharisma Sukandar di negeri Khmer Merah, Rusia. Irene berhasil menjadi jawara di kejuaraan catur internasional, Moscow Open 2015.

Kejuaraan catur Moscow Open 2015 merupaka pesta catur tahunan yang berlangsung di ibu kota Rusia, Moscow yang dimulai dari tanggal 29 Januari hingga 10 Februari 2015. Sekitar 1.600 pecatur pun ikut serta dan terbagi di beberapa grup.

Irene bertanding di Student Grandmaster Cup Grup G Moscow Open 2015. Pecatur wanita asal Jawa Barat itu pun sudah memastikan gelar juara Sebelum turnamen berakhir, tepaknya sebelum babak terakhir digelar. Sejak dari babak awal, Irene mampu mendominasi sehingga mencatatkan enam kali kemenangan dan tiga remis dari total sembilan babak pertadingan. Irene pun meraih poin tertinggi yakni 7,5 poin dan unggul dua poin dari saingan terdekatnya.

Hasil yang diraih Irene merupakan hasil bagus menuju Kejuaraan Dunia Catur Wanita 2015 yang juga digelar di Rusia, pada Maret mendatang. Dengan kemenangan tersebut, Irene pun mendapat penambahan elo rating 18 poin menjadi 2410 poin. ”Hasil kejuaraan ini menjadi modal yang bagus untuk menghadapi kejuaraan dunia wanita bulan maret mendatang,” tegas Irene.

Selain Irene, pecatur asal Jabar lain yang mengikuti gelaran Moscow Open adalah Grand Master (GM) Susanto Megaranto. Susanto yang bermain di Grup A Men’s Cup harus berkompetisi menjadi yang terbaik dengan 246 peserta. Meski tidak pernah kalah hingga babak ke-9, namun Susanto harus puas menduduki peringkat 17 dengan torehan 4 kemenangan dan 5 kali remis.

Sekretaris Umum Pengprov Percasi Jawa Barat, Dicky Irvan Firmansyah PNP mengaku bangga dengan torehan prestasi yang dicatatkan para pecaturnya yang akan menjadi tulang punggung tim Catur Jabar pada PON XIX/2016. Dirinya pun berharap, prestasi yang diraih bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

”Selamat atas prestasi yang diraih atlet-atlet Jabar di Moscow Open 2015. Ini merupakan kebanggaan Jawa Barat dan nasional. Semoga prestasi yang sudah diraih dapat ditingkatkan. Terutama untuk Irene yang akan mengikuti kejuaraan catur dunia wanita pada bulan Maret yang akan datang,” tegas Dicky kepada wartawan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan