Kualitas Raskin Layak Konsumsi

Monitoring Pendistribusian ke Setiap Wilayah

CIMAHI – Pemkot Cimahi menjamin kualitas beras untuk rakyat miskin (raskin) yang akan dibagikan pada tahun ini layak konsumsi meski harga penebusan berbeda jauh dengan harga beras yang dijual di pasaran.

Raskin Cimahi - Bandung Ekspres
LAYAK MAKAN: Pemkot Cimahi menjamin kualitas beras untuk rakyat miskin (raskin) yang akan dibagikan pada tahun ini layak konsumsi walau dari segi harga berbeda dengan beras yang dipasarkan.

Kasubag Ekonomi dan Administrasi Setda Kota Cimahi Bambang Guritno mengatakan, pihaknya akan terus melakukan monitoring pendistribusian raskin ke tiap wilayah, termasuk memonitor kualitas beras.

”Kalau ada beras kurang baik kami minta supaya pihak kelurahan menukarkannya ke gudang bulog. Karena untuk kewenangan kualitas ada di bulog, kita hanya melakukan monitoring,” kata Bambang kepada wartawan, kemarin (11/2).

Bambang tak memungkiri standar raskin memang berbeda dengan beras premium yang dijjual dipasaran. Terlebih harga beras premium dijual rerata Rp9.000 per kg ke atas, sedangkan harga raskin Rp1.600 per kilogram.

Lebih lanjut dia menyebutkan, pada tahap pertama raskin didistribusikan tujuh kelurahan dari 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi yakni Cibeber, Cipageran, Cibeureum, Padasuka, Citeureup, Leuwigajah dan Melong. Sisanya akan didistribusikan pada Kamis (12/2) hari ini.

Sedangkan jumlah rumah tangga sasaran (RTS) yang mendapatkan jatah rakin mencapai 18.934 RTS yang masing-masing akan mendapatkan raskin sebanyak 15 Kg per bulan.

”Berdasarkan pengalan tahun sebelumnya, penyaluran raskin selalu berjalan lancar. Meski begitu, kami harapkan ada kerja sama dari RTS dan pengelola raskin agar pelunasan tetap tepat waktu,” paparnya.(bis/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan