oleh

Satpol PP Paseh Siaga Bencana

Tingkatkan Kesiagaan Saat Hujan Deras

 PASEH – Dikala hujan tiba, beberapa titik di Kecamatan Paseh menjadi korban bencana banjir cilencang. Salah satunya adalah Jalan Majalaya–Cicalengka, yakni Desa Sukamantri dan Cigentur.

Kanit Satpol PP Paseh Asep Tajudin mengatakan, jika hujan dengan intensitas tinggi, wilayah paseh selalu terkena banjir hingga masuk ke pemukiman warga. ’’Kendati banjir itu tidak parah, tapi cukup mengganggu keamanan lingkungan. Termasuk lalu lintas, juga suka ikut tersendat akibat banjir,’’ ujar Asep kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) di kantornya kemarin (10/2).

Oleh karena itu, pihaknya juga ikut bersiaga jika sewaktu-waktu banjir datang. ’’Kami siaga siang malam bergantian berjaga, dikhawatirkan terjadi bencana. Seperti banjir, puting beliung, longsor dan kebakaran yang dilaporkan pihak desa kepada kami. Untuk segera ditindak lanjuti ke tingkat Kabupaten Bandung,’’ katanya.

Asep mengakui pihaknya telah menerima instruksi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, untuk mencatat dan melaporkan segala bentuk kejadian bencana. ’’Guna melaksanakan tugas tersebut, bersama keenam anggotanya selalu tetap waspada mencegah hal-hal yang tidak diharapkan,’’ ucapnya.

Dia mengatakan, sejauh ini di Kecamatan Paseh belum ada kejadian yang bersifat membahayakan masyarakat. ’’Bencana banjir juga setelah hujan reda bisa ditunggu langsung surut. Cuma butuh waktu tidak sampai berjam-jam, dan situasi kondisi aman kembali,’’ terangnya.

Asep menjelaskan, selama mengabdikan diri sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dan menjabat empat kali kepala seksi dan lima kali pergantian camat, dirinya merasakan banyak perubahan lingkungan. ’’Seperti dulu di Solokanjeruk sering banjir parah, tapi sekarang tidak. Dan sekarang di Kecamatan Paseh juga berkat kerja keras dan kebersamaan dengan semua pihak dirasakan masyarakat cukup mengalami peningkatan,’’ tuturnya.

Oleh karena itu, kata Asep, Kecamatan Paseh berada dalam situasi dan kondisi yang kondusif. Hal tersebut terjadi berkat kerja sama yang baik antar seluruh masyarakat. (mg16/far)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga