Kompolnas Bicara Soal Calon Kapolri

Budi Gunawan Tersandung, Budi Waseso Melenggang

JAKARTA – Polemik pemilihan Kapolri akan memasuki babak baru. Bila gugatan praperadilan atas penetapan Konjen Budi Gunawan mentah atau gagal, maka sudah ada sosok yang disiapkan untuk menjadi Kapolri, yakni Irjen Budi Waseso. Di lingkungan Mabes Polri, Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) itu dikenal sebagai orang dekat dari Budi Gunawan.

Kabar Budi Waseso akan menjadi Kapolri sudah santer terdengar. Komisioner Kompolnas Edi Hasibuan menuturkan, memang sebenarnya kemungkinan Budi Waseso menjadi Kapolri itu cukup besar. Pasalnya, Budi Waseso sebenarnya sudah menjadi jenderal bintang tiga. ’’Dewan Jabatan (Dejab) telah memproses agar Budi jadi bintang tiga, itu semenjak dia menjabat menjadi Kabareskrim,’’ paparnya di Jakarta kemarin (31/1).

Kemungkinan dalam waktu dekat, Budi sudah akan memiliki pangkat Komjen. dengan begitu, peluang untuk menjadi Kapolri sangat terbuka. ’’Namun, Kompolnas ini belum mengajukan lho,’’ ujarnya.

Kepastian pengusulan calon kapolri, lanjut dia, akan menunggu proses praperadilan. kalau hasil praperadilan itu tidak mengubah status tersangka dari Budi Gunawan, maka besar kemungkinan pengajuan calon kapolri baru akan dilakukan. ’’Semuanya harus bersabar,’’ terangnya.

Terkait track record dari Budi Waseso, dia enggan berkomentar banyak. Yang pasti, untuk jenderal bintang tiga secara administrasi pasti akan memenuhi kriteria. ’’Masih ada persyaratan lain yang perlu dicek, tapi kalau dipastikan ada pengajuan kapolri baru dilakukan pengecekan tersebut,’’ jelasnya.

Bagaimana tanggapan Budi Waseso? Calon besan Budi Gunawan itu enggan berkomentar saat dikonfirmasi terkait kabar dirinya menjadi calon Kapolri. Dia mengatakan bahwa sebaiknya masalah ini jangan diarahkan ke isu tersebut. ’’Jangan diplesetin kesana, sekarang ini saya yang penting bertugas dengan baik,’’ jelasnya.

Budi Waseso memang sedang fokus pada proses hukum terhadap pimpinan KPK Bambang Widjojanto. Penyidik sedang mendalami kasus tersebut. ’’Kalau soal BW ditahan atau tidak, tergantung penyidik semua. saya hanya mengawasi jalannya benar atau tidak,’’ tuturnya.

Perlu diketahui, Budi Waseso merupakan Kabareskrim yang mengeluarkan surat penahanan terhadap Bambang Widjojanto, kendati Plt Kapolri Badrodin Haiti sempat menyatakan tidak akan menahan Bambang. Saat itu banyak pihak menilai Budi Waseso tidak menghiraukan perintah dari Badrodin Haiti. (idr/kim/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan