oleh

Real Bisa Disanksi Seperti Barca

MADRID – Real Madrid bisa menghadapi sanksi larangan transfer oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sama seperti yang menimpa seteru klasiknya, Barcelona. Real diisukan memberikan kontrak ilegal kepada pemain di bawah umur.

Lucas Silva
TRANSFER: Real Madrid dituding melakukan kontrak pemain ilegal.

Pada bursa transfer Januari ini, Real baru saja membeli gelandang asal Brasil Lucas Silva dari Cruzeiro. Tiga hari sebelumnya, Los Blancos mengontrak wonderkid asal Norwegia berusia 16 tahun, Martin Odegaard.

Dua pembelian tersebut bisa saja menjadi yang terakhir bagi Real. Sebab berdasarkan laporan investigasi tabloid olahraga yang berbasis di Madrid, AS, Real melakukan transaksi mencurigakan pada 2012.

Fokusnya adalah kepada pembelian dua pemain berusia 12 tahun asal Venezuela, Manuel Godoy dan Fernando Macias. Mereka melakukan serangkaian trial ke beberapa klub besar sebelum meraih kesepakatan bersama River Plate dan AC Milan. Nah, Godoy dan Macias sempat direkrut sekolah sepak bola Real yang juga berbasis di Madrid.

Real memiliki waktu sebulan untuk membuktikan bahwa transfernya itu tidak melanggar pasal 14 FIFA soal pembelian pemain.

Di sana disebutkan bahwa sebuah klub boleh mengontrak pemain di bawah usia 18 tahun, dari negara-negara non-Uni Eropa. Namun itu dengan syarat orang tua sang pemain pindah ke negara tempat klub itu berada dengan alasan bukan perkara sepak bola.

’’Dalam surat bertanggal 17 Desember, FIFA melakukan investigasi terhadap Real terkait transfer mencurigakan itu. Berdasarkan sumber surat kabar ini, pengacara Real sedang berjuang menyelesaikan masalah ini di Zurich,’’ tulis jurnalis AS Joaquin Maroto kemarin.

Jika Madrid terbukti bersalah, maka mereka akan menghadapi hukuman yang bisa sama dengan Barcelona. Yaitu tidak bisa melakukan transaksi pemain dalam dua jendela transfer. Barca sendiri melakukan transfer ilegal antara 2009 dan 2013.

Dengan adanya isu ini, perburuan Real kepada kiper Manchester United David de Gea akan sedikit kendor. Kontrak kiper asal Spanyol itu akan habis pada 2016. Dan sang agen Jorge Mendes pekan lalu mengatakan kepada Marca bahwa kliennya bisa saja meninggalkan Old Trafford untuk bermain di Santiago Bernabeu.

’’David adalah pemain yang luar biasa. Dia brilian. Dia adalah pemain Manchester United. Kontraknya ada di sana. Anda harus menghormatinya. Namun hal-hal seperti perpindahan pemain bisa berubah setiap menit,’’ imbuh pria yang juga agen Cristiano Ronaldo dan James Rodriguez itu. (nur/far)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga