oleh

Besok, Yance Mulai Sidang

BANDUNG – Mantan Bupati Indramayu Irianto MS Syaifuddin alias Yance akan menghadapi persidangan perdananya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung besok (26/1). Yance sendiri menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi pembebasan lahan PLTU Sumur Adem, Kabupaten Indramayu.

Pengadilan Tipikor Bandung telah menerima pelimpahan berkas yang bersangkutan dengan Nomor 19/Pis.Sus-TPK/2015/PN.Bdg, ’’Ya, yang bersangkutan akan menjalani sidang dengan agenda dakwaan pada Senin mendatang,” ujar Juru Bicara Pengadilan Negeri Bandung Djoko Indarto, kemarin (24/1).

Djoko mengatakan, majelis hakim yang akan menyidangkan adalah Marudut Bakar sebagai ketua dan Barita Lumbang Gaol serta Basari Budhi sebagai anggota. Dari berkas dakwaan, Yance dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) jo. Pasal 18 UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Yance sendiri ditetapkan sebagai tersangka sejak 13 September 2010 dalam dugaan korupsi pembebasan lahan seluas 82 hektare. Melalui panitia pembebasan tanah, Yance diduga menaikkan nilai harga jual tanah atau mark up yang seharusnya Rp 22 ribu per meter persegi menjadi Rp 42 ribu. Tindakan ini mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 42 miliar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.