oleh

Pengadilan buat Pippo

Lazio vs Milan

ROMA – Filippo (Pippo) Inzaghi, barangkali, menangani AC Milan di waktu yang salah. James Horncastle, kolumnis senior, menulis di ESPN.com kalau rival sekota Inter Milan tersebut saat ini seperti hidup di masa lalu.

Mengutip mantan gelandang Milan Zvonimir Boban, Horncastle menyebut adanya kesalahan perspektif si bos besar Milan, Silvio Berlusconi. Berlusconi seperti tak bisa membedakan Milan yang dulu dengan Milan sekarang.

Padahal, musim lalu pun Milan hanya finis di posisi kedelapan, terburuk sejak 1998. Operasi mereka di bursa transfer pun rata-rata mendatangkan pemain yang sudah lewat masa jayanya. Atau dengan mekanisme peminjaman.

Jadilah problem menganga di semua lini Milan. Dari 19 laga Serie A musim ini, mereka baru mengoleksi 27 gol, satu gol lebih sedikit dibandingkan yang dicetak Cristiano Ronaldo di Primera Division La Liga sendirian.

Sektor belakang yang dulu merupakan andalan Milan pun tak kalah parah. Dalam 13 laga terakhir, Rossoneri hanya merebut 12 angka. Mereka pun terpuruk di posisi ke delapan, lima poin di belakang Lazio, calon lawan mereka dini hari nanti WIB, yang menduduki posisi kelima.

Milan juga belum mencatat satu kemenangan pun di Serie A di 2015, sekali seri dan dua kali kalah. Memang, Pippo tak bisa sepenuhnya disalahkan. Tapi, dia tentu tak bisa terus-terusan ’cuci tangan.’

Bahkan, ada yang menyebut, duel melawan Lazio nanti merupakan ’pengadilan’ buat Pippo. Kalau kembali kalah, bisa jadi dia bakal senasib dengan Massimiliano Allegri yang juga dipecat di bulan Januari tahun lalu.

”Kami harus tetap percaya dengan kekuatan kami. Masih banyak waktu untuk mengejar ketertinggalan poin agar bisa meraih target masuk tiga besar,” kata Pippo, seperti dikutip Football Italia.

Lazio sebenarnya juga tidak dalam kondisi bagus. Di laga kandang terakhir mereka pekan lalu, tim asuhan Stefano Pioli itu ditundukkan Napoli. Sepekan sebelumnya, dalam derby melawan AS Roma, Lazio, juga hanya memetik hasil imbang 2-2 setelah sempat unggul 2-0.

”Kekalahan melawan Napoli merupakan yang pertama dalam lima laga terakhir kami. Saya yakin, kami bisa kembali ke jalur kemenangan melawan Milan,” kata Pioli di situs resmi klub.

Optimisme yang tidak berlebihan. Sebab, kendala yang menghimpit Lazio tidak seberat Milan. Rossoneri bakal melawat tanpa trio bek Cristian Zapata, Daniele Bonera, dan Adil Rami yang masih cedera. Kondisi gelandang bertahan Nigel de Jong juga meragukan.

Lazio juga kehilangan Felipe Anderson, tapi kiper utama mereka, Federico Marchetti, sudah bisa tampil lagi. Selain itu, Lazio juga bakal termotivasi fakta kalau tamu mereka gagal menang dalam lima laga tandang mereka yang terakhir. (ttg/fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga