oleh

Bikin BPJS Tanpa Perantara

Masyarakat Kesulitan Daftar Online

IBUN – Pembuatan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial(BPJS) Kesehatan, saat ini harus dilakukan langsung oleh orang bersangkutan. Pasalnya, banyak kasus warga yang tertipu oleh oleh calo.

’’Oleh karenanya, sekarang harus mulai daftar secara online dan pembukaan akun ke bank untuk pembuatan rekening juga sendiri, kecuali kelas C tidak perlu buka rekening,’’ ungkap ketua tim PKK Kecamatan Ibun Heni. N kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) usai melakukan sosialisasi BPJS di Aula Kecamatan Ibun kemarin (23/1).

Heni mengakui, pihaknya telah mendapati banyak laporan dari masyarat yang mengeluhkan soal pendaftaran BPJS, karena banyak masyarakat tidak bisa daftar secara online. ’’Dan dikeluhkan pula sekarang, kalau daftar satu orang juga harus memakai foto sekeluarga yang tercatat di Kartu Keluarga. Dan, memang saat ini tidak bisa didaftarkan oleh kader dan harus sendiri, dan dikeluhkan pula soal harus pembuatan rekening bank,’’ jelasnya.

Heni menjelaskan, mungkin saat ini masyarakat belum terbiasa melakukan semuanya sendiri, jadi masih merasa kesulitan. Namun, kata dia, apabila sudah paham caranya dan sudah tahu soal pembuatannya tidaklah sesulit yang dibayangkan.

’’Nah, oleh karena itu asalkan masyarakat sering bertanya saja kepada petugas ketika hendak membuat kartu BPJS, tidak akan ribet kok,’’ ucapnya.

Dia mengatakan, dirasakan ribet itu karena belum terbiasa. ’’Kalau sudah biasa sebetulnya gampang saja, intinya masyrakat sekarang ini dituntut untuk pandai dan bisa, supaya tidak mengandalkan pihak lain yang berujung dapat merugikan pula. Kalau orang yang dipercaya itu tidak bertanggung jawab,’’ tukasnya. (mg16/far)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga