BNN Dukung Pemkot Adakan Tes Urine

CIMAHI – Kepala BNN Kota Cimahi Odang Masdar mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah Pemkot Cimahi yang ingin melakukan tes urine bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot. Menurutnya, hal ini bisa membantu dalam upaya pencegahan narkoba.

BNN Cimahi
SEMINAR SEHARI: BNN Kota Cimahi saat menggelar diskusi terkait penanggulangan bahaya narkoba bagi kalangan pelajar, belum lama ini.

”Kami mendukung penuh kebijakan Pemkot Cimahi untuk memerangi narkoba di lingkungan PNS. Kami siap bekerjasama dengan Pemkot Cimahi untuk diadakan tes urine,” ungkap Odang di kantornya, Jalan Cihanjuang.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih menunggu teknis pelaksanaannya. ”kita sedang menunggu prosedur teknis pelaksanaannya, karena kewenangannya ada di Pemkot, kita hanya sebagai pelaksana saja,” katanya.

Lebih jauh dikatakan Odang, agar hasilnya maksimal, tes urine bisa dilakukan secara mendadak. Sebab, tes urine sendiri bisa dimanfaatkan para pimpinan sebagai sarana untuk melakukan kontrol dan pengawasan terhadap jajarannya.

Dia menambahkan, meskipun belum ditemukan PNS yang terindikasi menjadi pengguna narkoba, tetapi pihaknya ingin sosialisasi mengenai bahaya penyalahgunaan barang haram tersebut melibatkan seluruh stakeholder, termasuk di lembaga pemerintahan. ”Untuk proses pelaksanaan kegiatan tersebut, BNN akan melakukan konsolidasi dengan pihak terkait,” sebutnya.

Lanjut Odang, BNN sebagai Lembaga negara memiliki tanggungjawab moral kepada negara terkait pencegahan narkoba. Sebab, dampak yang ditimbulkan akibat narkoba sangat besar. ”Bagi BNN, pengguna atau pemakai narkoba adalah korban, dan korban harus diselamatkan, diobati dan direhabilitasi,” katanya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam mengantisipasi peredaran narkoba. Sehinga, Kota Cimahi yang dijuluki cyber city bisa terbebas dari peredaran narkoba. ”Kita minta peran serta masyrakat dalam memberantas narkoba. Jangan segan-segan untuk melaporkannya pada kami,” pungkasnya. (mg18/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan