Taklukan Semua Gunung Jawa Barat

Tiap gunung berbeda-beda waktu tempuh dan medannya. Dia mencontohkan. Waktu tempuh Gunung Manglayang sekitar dua hingga tiga jam dari pos pertama sampai akhir, sedangkan Gunung Burangrang sekitar tiga sampai empat jam.

”Itu (waktu tempuh) tergantung kondisi cuaca dan fisik peserta juga. Jika ada salah satu peserta yang tidak kuat, tidak boleh dipaksakan. Harus istirahat dulu. Atau jika terjadi hujan besar dan kilat, harus berhenti dulu,” ujar dia.

Menurut dia, meski sudah berkali-kali mendaki di gunung yang sama. Namun suasananya selalu berbeda. Ini karena orang yang dia bawa berbeda-beda. Kegembiraan para peserta saat mencapai puncaknya membuat dia bangga dan merasa berarti untuk sesama manusia.

Ganjar sendiri menyebut, mendaki gunung merupakan hobi yang sudah mendarah daging. Selain mendapat penghasilan saat menjadi guide. Namun, yang lebih utama yaitu untuk menyalurkan keinginan.

”Soal dapat uang hanyalah sampingan. Lagian tidak terlalu besar. ada ataupun tidak ada yang daftar, kami tetap mendaki,” pungkasnya. (fik/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan