SNMPTN Bakal Diumumkan 8 April 2020

BANDUNG – Jadwal pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah resmi diundur. Pengumuman SNMPTN yang semula dijadwalkan pada 4 April 2020 harus diundur menjadi 8 April 2020.

Pengunduran jadwal tersebut dilakukan karena beberapa pertimbangan. Sebagaimana yang tertera di dalam surat edaran Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tentang Jadwal Pengumuman SNMPTN 2020, pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah baru dilaksanakan pada 2-31 Maret. Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN, bagi siswa baru sampai tahap memilih prodi serta pendaftaran SNMPTN bagi siswa eligible yang mengajukan KIP kuliah dan belum pernah mendaftar juga dilakukan pada tanggal yang sama, yakni 2-31 Maret 2020.

Dengan demikian, pengumuman SNMPTN terpaksa diundur. Berdasarkan data statistik registrasi akun LTMPT yang terdapat di dalam situs resmi LTMPT, hingga Minggu (29/3) tercatat sudah terdapat 1.426.804 siswa registrasi akun tahap 1. Sedangkan pada tahap 2, tercatat sebanyak 209.190 siswa.

Agenda LTMPT lainnya yang juga diundur ialah Ujian Tulis Berstandar Komputer (UTBK). Memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan mewabahnya Covid-19, maka LTMPT mengambil langkah untuk mengundur jadwal pendaftaran serta pelaksanaan UTBK. Pendaftaran semula akan dilaksanakan pada 30 Maret, sedangkan  pelakasanannya pada 20 April 2020. LTMPT akan menginformasikan lebih lanjut terkait penundaan jadwal ini nantinya.

Selain berdampak pada agenda SNMPTN dan UTBK, layanan informasi yang bersifat langsung (walk in) di kantor sekretariat LTMPT juga dihentikan untuk sementara waktu. Sehingga untuk pelayanan publik, LTMPT menggunakan media daring berupa website helpdesk di http://halo.ltmpt.ac.id, email [email protected], dan media sosial instagram, facebook, dan twitter resmi LTMPT yakni @ltmptofficial. (mg7/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan