Ajay Janji Bantuan Sosial dari Pemprov Minggu Depan Sudah Didistribusikan

CIMAHI – Jelang berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), namun bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi tak kunjung didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak ekonominya akibat Corona Virus Disease (Covid-19).

Seperti diketahui, PSBB di Kota Cimahi dilaksanakan sejak 22 April lalu dan akan berakhir 6 Mei mendatang. Selain Kota Cimahi, wilayah lain yang bersamaan menerapkan pembatasan serupa adalah Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna menjelaskan, distribusi JPS untuk masyarakat dari Pemkot Cimahi masih menunggu bantuan dari Pemprov Jabar terdistribusi kepada masyarakat Kota Cimahi.

“Kami dari Pemkot Cimahi sudah siap. Kami lagi nunggu distribusi dari provinsi. Katanya minggu depan sudah didistirbusikan,” kata Ajay saat ditemui, Senin (4/5).

Menurut Ajay, tercatat ada sekitar 30 ribu lebih masyarakat non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang rencananya akan diberikan bantuan dari Pemkot Cimahi. Data tersebut berbeda dengan penerima bantuan dari Pemprov Jabar.

“Ketika belum ada yang kebagian dari provinsi, nanti dari kota. Ini bukan untuk semua masyarakat, tapi kepada orang yang memerlukan,” terangnya.

Untuk hasil PSBB selama ini, beber Ajay,

Pemkot Cimahi sudah melakukan evaluasi. Ada dua hasil yang bertolak belakang. Pertama dari sisi aktifitas masyarakat, terang dia, aktifitasnya dinilai masih tinggi di beberapa titik. Kemudian pertokoan yang seharunya ditutup, terpantau masih beroperasi.

“Banyak yang harus dipenuhi, termausk check point dan jalan yang ditutup. Sebab malah jadi wahana permainan,” sebut Ajay.

Sedangkan dari target sebaran virus corona atau Covid-19, kata Ajay, sedikitnya bisa ditekan. Dalam beberapa hari terakhir, tidak ada peningkatan yang cukup signifikan dari Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (DPD), Orang Tanpa Gejala (OTG) maupun yang terkonfirmasi positif.

“PSBB cukup berhasil dari sisi itu. Kami rapat dengan rumah sakit, memang kondisinya landai,” ungkapnya.

Sementara untuk PSBB lanjutan, kata Ajay, Pemkot Cimahi akan menuruti kebijakan Pemprov Jabar. Seperti diketahui, pelaksanaan PSBB akan digelar secara serentak di seluruh Jawa Barat mulai 6 Mei mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan