Si Aplod Dan Centring Posyandu Cicendo Jawab Cegah Stunting

Bandung- Pembinaan Kader Posyandu dan Launching Inovasi Kelompok kerja operasional (Pokjanal) Posyandu Kecamatan Cicendo di Grand Pacific Hotel (29/11) di hadiri istri Walikota Bandung sekaligus Bunda Posyandu Kota Bandung, Siti Muntamah Oded dan Camat Cicendo, Bira Gumbira. Pembinaan kader posyandu ini guna mematutkan diri dalam memberikan pelayanan dan pemantauan terbaik bagi anak-anak bangsa, khususnya di Kota Bandung.

“Posyandu adalah pelayanan dasar di tengah masyarakat.Anak-anak balita kita harus datang dengan bahagia ke posyandu. Tantangan memberikan pelayanan terbaik untuk menjadikan anak bangsa yang sehat, cerdas, dan berkarakter dengan pelayanan multisektor” tutur Siti Muntamah Oded, dalam sambutannya.

Dalam rangka menghadirkan pelayanan multisektor posyandu Cicendo, bekerjasama dengan para pelajar dari SMK Negeri 11 Kota Bandung, meluncurkan “Si Aplod” (Sistem Aplikasi Raport Posyandu) yang merupakan aplikasi untuk memantau perkembangan setiap balita secara responsif. Selain aplikasi Si Aplod, juga terdapat “Si Centring” (Pemijatan Melancarkan ASI) untuk ibu menyusui.

Peluncuran “Si Aplod” dan “Si Centring” merupakan terobosan posyandu kecamatan Cicendo untuk bisa meningkatkan pelayanan posyandu di era digital, sekaligus untuk bisa memantau secara profesional mengenai permasalahan stunting pada balita yang mencapai angka 28.5% di Kota Bandung.

Siti Muntamah oded juga menambahkan, pelayanan multisektor harus dilakukan posyandu untuk menjawab tantangan zaman yang akan terus berkembang.Kader posyandu juga harus semangat berkarya dalam melayani masyarakat.Terobosan ini diharapkan menjawab kebutuhan kekinian digitalisasi dalam kecepatan evaluasi mengetahui sumber persoalan, sehingga kemudahan pemerintah memberikan respon penanganan yang cepat dan tepat.

Camat Cicendo, Bira Gumbira juga mengatakan terobosan aplikasi “Si Aplod” ini sebagai bentuk ikhtiar untuk bisa meningkatkan pelayanan posyandu kreatif kepada masyakarat.

“Ada 1.978 Posyandu di kota Bandung, dan ini merupakan ikhtiar baik kami, dari posyandu Kecamatan Cicendo, untuk bisa menjadikan kader kami lebih responsif dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saya akan pantau terus perkembangan posyandu yang ada di Cicendo, kampung halaman saya,” ujar Camat Cicendo, Bira Gumbira.

Dengan pelayanan multisektor ini posyandu di harapkan bisa menjadi juara untuk tahun yang akan datang dalam melayani dan memantau tumbuh kembang balita dan anak-anak. Sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang unggul, khususnya di Kota Bandung. (rls)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan