Nasdem Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh dengan tegas mengatakan jika partainya mendukung secara penuh politikus Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet), menjadi Ketua MPR. Dukungan diberikan karena Bamsoet dinilai memiliki cukup pengalaman. Sehingga, layak menduduki kursi tertinggi di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

”Sudah saya katakan, untuk Nasdem mendukung saudara Bambang Soesatyo. Ada kapasitas kapabilitas yang dimiliki ada experiment sudah experience sudah dijalankan sebagai Ketua DPR dan dari partai yang juga cukup representatif dari Partai Golkar,” kata Surya Paloh di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

Dia berharap, pemilihan ketua MPR nanti, bisa disepakati secara mufakat dalam musyawarah di paripurna MPR. Bahkan, dia merasa sangat aneh jika anggota dewan tak secara mufakat menyepakati Bamsoet sebagai Ketua MPR.

”Saya pikir musyawarah mufakat selesailah. Itu harapan saya. Ironis menurut saya kalau memang itu tidak tercapai dengan pelaksanaan musyawarah mufakat ini baru lucu-lucu orang ini,” ujarnya.

Dia mengakui, jika dirinya merupakan salah seorang yang berperan dalam perdamaian Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan Bamsoet. Paloh mengatakan beberapa waktu lalu dia memang sempat mempertemukan Airlangga dan Bamsoet.

”Sebagai kakak, iya saya mempertemukan adik-adik saya,” ucapnya.

Namun demikian, dia mengaku, perannya hanya sekedar mempertemukan keduanya saja, tidak ada hal lain, bahkan tak ada sama sekali pernyataan atau permintaan agar Bamsoet legawa melepas calon Ketua Umum Golkar.

”Dua-duanya memang adik, jadi lebih baik bagaimana mengutamakan kepentingan nasional bangsa kita, negeri kita. Meski mungkin karena saya dianggap sebagai kakak bukan berarti ada intervensi ketum Partai NasDem nggak ada itu,” tegasnya.

”43 tahun saya di Golkar, jadi mereka adalah adik-adik saya yang masih muda,” imbuhnya.

Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah menyiapkan nama Hidayat Nur Wahid (HNW) sebagai Wakil Ketua MPR untuk periode 2019-2024.

”Untuk Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKS insyaallah mudah-mudahan tidak ada halangan, HNW. Insyaallah,” kata Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini.

Sedangkan Hidayat Nur Wahid, yang kebetulan berada di samping Jazuli, mengaku siap ditugaskan kembali sebagai pimpinan MPR. Namun demikian, HNW mengaku, penunjukan dirinya tersebut akan melalui mekanisme di Fraksi PKS di MPR.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan