Kembangkan Desa Wisata Terintegrasi

SOREANG – Untuk mendorong perkembangan destinasi wisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bersama kementerian pariwisata (Kemenpar) dan politeknik pariwisata Palembang menggelar bintek pengembangan desa wisata terintegrasi di Kabupaten Bandung.

Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan mengatakan, Kabupaten Bandung memiliki banyak potensi di bidang wisata. Oleh karena itu, Pemkab Bandung terus mendorong pengembangan desa wisata yang terintegrasi salahsatunya dengan memberikan pembinaan melalui bintek.

”kabupaten Bandung sangat cocok dijadikan lokasi khusus pengembangan destinasi wisata, karena memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Sehingga, kami akan terus melakukan pembinaan kepada desa wisata dan mensuport kepada calon desa wisata dengan melakukan pendataan dan pembinaan bagaimana cara mengembangkan wisata,” jelas Gun Gun saat ditemui usai membuka acara bimtek pengembangan desa wisata terintregasi di Hotel sahid di Soreang, Senin (19/8).

Menurutnya setiap wilayah yang memiliki potensi untuk pengembangan destinasi wisata akan didata dan dipersiapkan. Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan terus mengedukasi dan mensosialisasikan tentang pengembangan wisata. Sehingga masyarakat akan memandang desa wisata secara serius.

”Dengan adanya bimtek kepada penggerak wisata, diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengembangan wisata di setiap desa yang memiliki potensi wisata,” katanya.

Gun Gun menjelaskan, semua desa yang memiliki potensi wisata yang memungkinkan dijadikan loksus pengembangan destinasi akan terus dibina dan dipersiakan. Sehingga, kedepannya pemerintah melalui Bappeda sebagai leding sektor, bisa merencanakan untuk pengembangan melalui RPJMD bisa mengalokasikan anggaran secara intregasi.

”Untuk memberikan support dan pembinaan kepada Desa wisata, baik yang sudah jadi ataupun yang belum. Banyak desa memiliki potensi untuk dikembangkan, oleh karena itu harus didorong dan dibina karena sudah merupakan tanggungjawab kami pemerintah,” akunya.

Sementara itu, Pudir I bidang Adminitrasi Akademik kemahasiswaan politeknik pariwisata Palembang Dilla Pratiyudha mengatakan, sebagai Instusi Pendidikan di Kementerian Pariwisata akan terus mendorong pengembangan wisata disetiap daerah yang memiliki potensi wisata.

”Memberikan bimtek meruapakan tugas dan fungsi kami untuk ikut berpartisifasi aktif dalam pengembangan suatu daerah yang memiliki potensi wisata,” kata Dilla.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan