Hampir Tiap Hari Damkar Terima Aduan Kebakaran

CIMAHI – Intensitas kebakaran pada musim kemarau terpantau meningkat. Bahkan hampir setiap hari Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi menerima laporan kebakaran.

”Iya hampir tiap hari ada laporan masuk (peristiwa kebakaran). Kebanyakan alang-alang pada lahan kosong,” ungkap, Komandan Regu (Danru) I Damkar Kota Cimahi, Indrahadi saat dihubungi, Jumat (12/9).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, kebakaran alang-alang terbaru terjadi di area Lapangan Golf Brigif 15 Kujang pada Kamis (12/9) dan kebakaran alang-alang di lahan kosong Kelurahan Cibeureum Kecamatan Cimahi Selatan sehari sebelumnya.

Dia mengatakan, saat memasuki musim kemarau ini, pihaknya terus berupaya untuk antisipasi kejadian kebakaran alang-alang, dan pembakaran sampah dengan melakukan sosialisasi dan monitoring wilayah.

”Betul saat musim kemarau memang rawan terjadi kebakaran alang-alang, dan kebakaran akibat pembakaran sampah, tapi kami telah melakukan antisipasi,” ujarnya.

Menurutnya, kebakaran alang-alang saat musim kemarau biasanya terjadi akibat faktor cuaca panas yang menyebabkan alang-alang menjadi kering, sehingga sangat mudah terbakar dan apinya cepat membesar, karena hembusan angin kencang.

”Jadi untuk antisipasi itu kami sosialisasi ke warga, jangan sampai menyalakan api di sekitar lahan alang-alang, karena sekecil apapun api pasti bisa membakar alang-alang yang sudah kering,” ujarnya.

Atas hal tersebut, kata Indrahadi, sosialisasi tentang bahaya kebakaran perlu dilakukan, karena selain faktor cuaca panas, kelalaian manusia juga menjadi salah satu faktor penyebab kebakaran tersebut. Dia pun mengimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah terutama saat siang hari.

”Dalam keadaan cuaca terik dan angin kencang sebaiknya tidak membakar sampah dalam volume yang banyak,” bebernya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Bandung merilis kondisi prakiraan cuaca di sejumlah wilayah Jawa Barat. Termasuk di Kota Cimahi. Berdasarkan hasil monitoring, terlihat ada potensi turunnya hujan pada dasarian ke dua bulan September ini. Namun intensitasnya hanya hujan ringan.

”Secara umum prakiraan cuacanya cerah hingga berawan dari pagi sampai malam. Ada potensi hujan ringan di wilayah Bogor, Cianjur, dan Sukabumi,” terang Kepala BMKG Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya saat dihubungi, Jumat (13/9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan