Media Harus Dijadikan Mitra oleh Dewan

CIPARAY – Sebagai anggota Legislatif seharusnya memiliki keterikatan yang harmonis dengan media masa. Sebab, dengan cara ini anggota dewan dimanapun posisinya akan lebih dikenal oleh masyarakat.

Politisi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, media masa bagi anggota DPR atau DPRD memiliki peran penting sebagai sumber informasi dan penyambung lidah terhadap kelangsungan pembangunan.

Selain itu, media masa juga bisa berperan sebagai pilar demokrasi untuk memberikan masukan kritis untuk pembangunan.

’’Jadi para wakil rakyat yang mendapat kepercayaan duduk di parlemen jangan memiliki semboyan anti terhadap media massa,”jelasjelas Cucun ketika ditemui kemarin. (22/7)

Dia menilai, para legislator yang berada di DPRD Kabupaten Bandung jarang sekali pendapatnya ditulis di surat kabar. Hal ini, bisa jadi ada indikasi bahwa antara dewan dan mediatidak ada hubungan harmonis. Sehingga, masyarakat berpandangan anggota DPRD Jabar tidak terlihat kinerjanya.

Dia memparkan, dengan merangkul awak media masyarakat khususnya di Kabupaten Bandung akan melihat, mendengar dan membaca mengenai kegiatan dan kerja-kerja yang dilakukan dewan. Terlebih, DPRD memiliki tugas tak kalah penting dengan kepala daerahnya.

’’ Dewan itu memiliki tupoksi kontrol untuk mengawasi eksekutif dari program yang digulirkan, seharusnya ungkapkan saja pendapatnya atau hasil kemajuannya,” kata Cucun.

Sebagai Anggota Komisi I DPR RI, Cucun sangat menyayangkan suara para anggota dewan tidak sering terbaca di media. Bahkan para pimpinannya hampir tak terdengar suaranya. Padahal, tugas dewan adalah menyuarakan aspirasi rakyat minimal di daerah pemilihannya.

Cucun menambahkan, sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung, Dia mengakui hampir satu periode (2014-2019) para kadernya mendapatkan kepercayaan sebagai legislator minim membagi capaian kerjanya ke publik. Sehingga, harus dievaluasi kedepannya.

” Saya selalu mengingatkan kalian ini adalah wakil rakyat. Saya tidak ingin seorang legislator hanya duduk terus datang ke kantor, kalian hadir di parlemen mewakili rakyat, oleh karena rakyat harus mengetahui kinerja kita dan yang terpenting itu berkomunikasi untuk menyuarakan aspirasi rakyat,” tandas Cucun. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan