Ciplukan Kini Jadi Buah Termahal

”Saya sengaja membibitkan buat ciplukan ini, lalu dibe­rikan kepada para petani, tetapi saya juga tidak lepas tangan begitu saja, namun buah yang dihasilkan dari para petani saya tampung lalu di jual ke Jawa Barat, Su­rabaya dan Jakarta yang saat ini membutuhkan buah ci­plukan ini,” terangnya.

Selain itu, lanjut Reni, di negara Taiwan buah Ciplukan digunakan sebagai obat tra­disional untuk menyembuh­kan penyakit diabetes, hepa­titis, asma dan malaria. Hal serupa juga dilakukan oleh negara lainnya bahkan Indo­nesia sendiri yang mengguna­kan daun clipuk untuk penya­kit hati. Bahkan buah ini di­percaya dapat menyembuh­kan kanker.

”Dulu dianggap gulma, justru buah ciplukan memiliki kha­siat yang penting buat kese­hatan,” imbuhnya.

Sebelum membudidayakan ciplukan dirinya mengaku, telah membudidayakan ta­naman strawberry, namun buah strawberry saat ini kalah harga oleh buah ci­plukan, sehingga dia tidak terlalu fokus pada tanaman strawberry.

”Dulu saya membudidayakan tanaman strawberry, namun harga buah strawberry sudah mulai menurun, sekarang saya lebih fokus ke tanaman ciplu­kan,” tutur dia. (yan)

Tinggalkan Balasan