Imbau Warga Giatkan Ronda

BANDUNG – Maraknya aksi kriminal di Kota Bandung membuat Wali Kota Bandung Oded M. Da­nial mengingatkan kepada seluruh warga agar selalu waspada terhadap tindak kejahatan.

Untuk mendukung ini dia menghimbau kepada warga untuk menghidupkan lagi budaya ronda malam. Sebab, dengan adanya ronda bisa meminimalisir terjadinya tindak kejahatan di wilayah masing-masing.

Selain itu, dengam adanya ronda warga akan saling ber­temu dan bisa menjadi pere­kat silahturahmi. Dengan begitu, hubungan harmonis antar warga akan terjalin dengan baik.

”Budaya ronda itu cukup baik. Bukan hanya menjaga keamanan tetapi juga silah­turahmi. Ngaronda bari nga­liwet jeung ngopi,”jelas Oded ketika ditemui di Balai Kota Bandung kemarin (3/12).

Untuk melaksanakan ronda ini dia akan meminta ban­tuan para camat dan lurah agar mengintruksikan war­ganya untuk ronda secara bergantian.

Selain itu, Oded juga me­minta Perlindungan Masy­arakat (Linmas) agar lebih optimal saat menjaga wilay­ahnya masing-masing. Khu­susnya para warga dengan rajin melakukan kontrol ter­hadap para pendatang yang mengontrak.

Oded menjelaskan, Pemkot Bandung terus mengupayakan menjaga keamanan dan ke­tertiban di Kota Bandung. Pemkot Bandung telah se­cara rutin menggelar perte­muan lintas sektoral.

”Pertemuan Forkompinda telah rutin digelar. Tujuannya, tentu untuk terus berkoordinasi men­jaga keamanan dan ketertiban Kota Bandung,” jelasnya.

Namun di luar itu, Oded memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan terus berusaha membantu kepolisian menekan tindak kejahatan. Salah satunya dengan menambah jumlah Closed Circuit Television (CCTV) di Kota Bandung.

”Kemarin saya sudah berbi­cara dengan pak Kapolrestabes. Kita memang tengah men­ghadapi dinamika kerawanan keamanan. Kita akanterus me­ningkatkan kewaspadaan. Salah satunya menambah jumlah CCTV seperti yang diinginkan polisi,” jelas Oded.

Sementara itu, Plh Sekreta­ris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengungkapkan, Pemkot Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Infor­matika Kota Bandung telah menambah jumlah CCTV. Penambahan telah dianggar­kan di APBD 2018 ini.

Kendati demikian, Ema mengaku penambahan ter­sebut masih belum ideal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan