oleh

Pemkot Lawan Rentenir, Suntik BPR Rp 1 Triliun

bandungekspres.co.id, BATUNUNGGAL – Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung bakal mengajukan penambahan modal sebesar Rp 1 triliun kepada pemerintah Kota Bandung. Hal ini untuk menjalankan program Kredit Melati sebagai upaya melawan rentenir.

”Saat ini, modal dasar PD BPR tidak kurang dari Rp 100 miliar. Dan malalui program Kredit Melati, meraup keuntungan 2,5 kali lipat dari keuntungan tahun sebelumnya,” kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam jawaban wali kota atas pemandangan umum fraksi-fraksi pada Sidang Paripurna  Perihal 3 Raperda yang materinya berasal dari Proppeda LK tahun 2016 catur wulan II nomor 06, 07 dan 08 di DPRD Kota Bandung kemarin (20/5).

Dia menjelaskan, PD BPR merupakan perbankan milik pemerintah kota yang memiliki fungsi mediasi keuangan. Sehingga, BPR hadir untuk mengakses permodalan usaha mikro kecil menengah (UMKM), serta ditujukan untuk sebesar-besarnya kepentingan kesejahteraan warga Bandung.

”Konsekuensi penyaluran kredit berimplikasi kepada pemanfatan laba yang semakin membaik,” ujar Emil sapaan akrab wali kota tersebut.

PD BPR terus menutup akses rentenir dengan mendatangi langsung masyarakat yang membutuhkan modal usaha. Maka,  mengusulkan penambahan modal dasar sebesar-besarnya  menjadi udagan Pemkot Bandung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.