Kembangkan Wilayah Jabar Selatan, Pemprov Ajak Pengusaha Investasi

bandungekspres.co.id – Untuk mempercepat pembangunan dan penataan kawasan Jabar Selatan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengajak para pengusaha untuk menanamkan investasinya di kawasan itu.

Menurutnya, saat ini penataan infrastruktur jalan raya di Jabar selatan sudah semakin baik. Pemerintah telah memperbaiki jalan sepanjang 128 km dari Pangandaran menuju Sukabumi.

”Ini sudah dilakukan perbaikan oleh pusat dan telah dianggarkan juga perawatannya oleh APBD,” ucap Heryawan.

Heryawan menuturkan, di sepanjang jalan tersebut sebetulnya banyak memiliki potensi dalam berbagai bidang bagi para investor. Di sepanjang tersebut, terhampar pantai selatan yang masih alami dan indah.

Pengembangan kawasan pantai selatan ini akan menjadi fokus pemprov Jabar dalam penataannya. Terlebih kewenangan berdasarkan aturan UU 23, 12 mill dari bibir pantai merupakan kewenangan provinsi.

Selain itu, pengembangan kawasan pantai selatan juga akan segera dimulai penataannya untuk Pantai Pangandaran. Sehingga Jabar selatan memiliki destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan mancanegara.

”Sekarang kondisi bibir Pantai Pangandarankan masih semrawut dan kurang tertata. Jadi nanti kita akan benahi,” ucap dia.

Heryawan menilai, sepanjang garis pantai di kawasan Jabar selatan ini sebetulnya masih alamiah dan memiliki panorama sangat indah. Sehingga dalam pengembangannya nanti, dirinya memnginginkan tidak akan merusak lingkungan.

Selain itu dalam penataan antara pantai dan fasiltas lainnya, dia menginginkan harus memiliki konsep terpadu. Seperti pantai-pantai yang ada di Bali dengan penataan teratur. Sehingga antara pantai dan tempat berjualan serta hotel memiliki konsep yang jelas.

Heryawan menambahkan, untuk menunjang iklim investasi, selain penambahan akses jalan dan fasilitas, kini pihaknya akan mempermudah dalam hal perijinan untuk kawasan ini. Mengingat Jabar selatan sekarang memiliki potensi alam yang luar biasa.

”Ke depan, program ini saya harapkan bisa terwujud dan bagi perusahaan-perusahaan yang ingin memberikan dana CSR-nya Jabar selatan bisa segera dilakukan sekaligus untuk berinvestasi terlebih Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya-Garut akan segera di bangun,” pungkas dia. (yan/fik)

Tinggalkan Balasan