Kalijodo Disulap Jadi Taman Cantik

Pada dasarnya Taman Kalijodo mengusung konsep Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang merupakan salah satu program andalah Pemprov DKI Jakarta. Di dalamnya akan dibangun fasilitas bermain untuk anak-anak.

Menurutnya juga, pengerjaan Taman Kalijodo akan bertahap dan akan dimulai secepatnya. Setelah pemukiman rata dengan tanah, pekerjaan selanjutnya segera dimulai. Antaralain, pembongkaran sisa lantai, pengangkutan sampah, pengurukan serta perataan lahan.

Pekerjaan dilanjutkan dengan tahap penghijauan yakni penanaman pohon. Pekerjaan selanjutnya, tahapan pembangunan. Antaralain, pembangunan pedestrian, lapangan futsal, area piknik, plasa, dan sebagainya. Tidak hanya itu, Taman Kalijodo juga disiapkan kawasan pedagang kaki lima (PKL) binaan yang didesain cantik.

Menurutnya lagi, pengembangan Kawasan Kalijodo untuk Ruang Terbuka Hijau sesuai dengan Perda DKI No 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang Dan Peraturan Zonasi. Selain untuk dinikamati warga masyarakat, Taman Kalijodh sekalu RTH bermanfaat untuk pengendalian banjir.

”Karena itu akan berfungsi sebagai ekodrainase, mengoptimalkan potensi zero run off, menjaga sirkulasi air tanah, menjadi daerah resapan air, dan meredam daya rusak akibat erosi atau pendangkalan sungai,” ungkapnya.

Pengembangan Taman Kalijodo dalam rangka menuju pencapaian 30 persen RTH DKI. Manfaat dari RTH adalah sebagai paru-paru kota, membantu sirkulasi udara, menjamin terjadinya keseimbangan alami, pembentuk faktor keindahan arsitektural, sarana kegiatan sosial, sebagai ruang evakuasi dan mitigasi bencana.(dni/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan