Jatiendah Sukses Kelola Sampah

Ada banyak manfaat, menurut Dyan, yang akan didapat dari pengelolaan sampah ini. Salah satunya adalah bisa menampah pendapatan keluarga. Dia mencontohkan, hasil sayuran di pekarangan rumah kita selain dapat dijual bisa digunakan oleh keluarga, tidak perlu membeli ke warung. contoh lain dalam pengelolaan sampah, ujar Dyan, di antaranya mendaur ulang sampah plastik.

Dia menjelaskan, satu keresek saja bisa dibuat menjadi sebuah bros kecil dengan jenis warna yang dapat disesuaikan dengan selera. Lima sampai sepuluh keresek bisa menjadi bahan untuk membuat tempat air minum atau tempat HP. Puluhan atau ratusan cangkang kopi pun bisa diubah menjadi selembar karpet yang indah dan menarik.

”Sudah terbayang kan? Jika puluhan atau ratusan keresek dimanfaatkan, ada berbagai jenis benda yang bisa digunakan oleh kita. Benda-benda tersebut selain dapat dijual, bisa digunakan menjadi souvenir di tempat hajatan warga,” ungkapnya seraya mengatakan, sampah berguna lingkungan pun jadi bersih dan nyaman. (gun/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan