Jaga Asa Kemenangan atas Sriwijaya FC

Memang skuad musim 2016 ini dia, adalah pondasi tim Maung Bandung agar bisa kembali berjaya, minimal satu tahun ke depan.

Dia katakan, Persib lebih saat ini lebih membutuhkan pemain-pemain muda ketimbang pemain berpengalaman.

”Saya akan bekerja seperti biasa, tapi kalau saya lihat lebih baik kita fokus ke tim dulu. Jangan sampai tim belum jadi tapi sudah ada target. Mungkin bisa setahun, kenapa enggak. Nanti kita berubah secara bertahap,” kata Dejan di Lapangan Football Plus, Cihideung, Kabupaten Bandung Barat (KBB), kemarin (28/4).

Pelatih asal Serbia ini memang doyan merekrut pemain muda. Seperti saat masih membesut Persipasi Bandung Raya (PBR) musim 2014-2015 lalu.

Dia punya kiat untuk membangun motivasi pemain muda. Tentunya agar bisa bersaing dengan pemain senior. Kuncinya saling menjaga kepercayaan, dimana setiap yang dilakukan Dejan hanya untuk membangun tim.

”Relationship saya dan dia (pemain muda), saya orang baik dan jujur kalau saya bisa bantu saya bantu. Saya percaya mereka dan mereka percaya sama saya. Itu tidak bisa dibeli, karena datang dari hati,” ucapnya.

Dejan menegaskan, sekalipun pemain senior belum tentu aman untuk mendapatkan menit bermain. termasuk pemain yang baru merapat seperti Purwaka Yudhi. Bek tangguh tersebut memang tak tergantikan saat masih membela Arema Cronus, namun kini kondisinya berbeda.

”Pemain senior pasti tidak bisa langsung bermain seperti ketika dia di Arema. Ini Persib dan pasti berbeda, harus ada adaptasi. Itu tergantung pemain bukan dari saya yang menentukan,” ungkapnya.

Sebab yang lebih utama yaitu bagaimana membuat pemain muda bisa berkembang. Dia berharap tim Maung Bandung tak hanya bisa juara dalam satu musim saja.

Kendati begitu, Dejan pun tak menampik membutuhkan kehadiran pemain senior di skuadnya. Tentu saja untuk transfer ilmu dan menjadi panutan para pemain muda.

”Saya sebagai pelatih mengambil risiko untuk bisa memberikan kesempatan pemain muda bermain. Ada orang yang mengerti dan orang yang tidak mengerti kenapa saya juga mengambil pemain senior,” bebernya.

Dia mengklaim, kini pemain muda yang direkrut Persib sudah mengalami peningkatan secara kualitas. Misalnya saja Zola dan Febri yang kerap dipercaya turun dalam laga, otomatis menumbuhkan rasa percaya diri dari kedua pemain muda. (pra/ryt/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan