Aher Beber Kemajuan Ekonomi

Selanjutnya pada program restoking pelayanan umum telah memberikan bibit ikan kepada masyarakat dengan penyebaran benih di danau, situ dan waduk mencapai 18,3 juta benih ikan. Jumlah ini akan ditingkatkan pada tahun depan sehingga mencapai 50 juta benih ikan ‎.

”Ini dampaknya luar biasa karena di waduk Jati Gede masyarakat di sana sudah tidak kesulitan lagi memenuhi kebutuhan ikan untuk dikonsumsi, jadi tinggal mancing saja di waduk,” kata Heryawan.

Program lainnya adalah pemberian 2 juta pohon kopi kepada petani kopi dan kelompok masyarakat. Hal ini dilakukan agar kopi asal Jawa Barat menjadi salah satu produsen kopi di Indonesia terlebih sekarang Jabar sudah menjadi penghasil kopi kedua di Indonesia setelah Aceh.

Dirinya berjanji, untuk program ini akan ditingkatkan pemberian bibit tanaman kopi menjadi 7 juta pada tahun depan sebab komoditas kopi Jabar ternyata memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi ‎bahkan kopi asal Jabar telah banyak memenangkan festival Kopi di tingkat dunia.

Aher memaparkan, untuk pemacu pertumbuhan ekonomi pihaknya terus mendorong pada pengembangan kelompok masyarakat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah mengalami keberhasilan dengan pemberian kredit dana bergulir dengan nama Kredit Cinta Rakyat (KCR) melalui ‎bank bjb kepada puluhan ribu pelaku usaha kecil dengan penyerapan tenaga kerja sebesar 130 ribu orang.

”Pemberian dana bergulir ini telah berhasil 100 persen tanpa ada kekurangan bahkan nilai risiko kredinya hampir nol persen dan dan ini telah dikembalikan lagi kepada Pemprov Jabar sesuai dengan nilai pemberiannya yairu sebesar Rp 165 miliar,” urainya.

Sedangkan, program penunjang perekonomian juga terus dilakukan adalah pengembangan infrastruktur yang saat ini kondisinya sudah 95 persen. ”Jalan provinsi di Jabar selatan sudh sangat baik. Bahkan di Kawasan Ciletuh Pemprov telah memperbaiki sepanjang 33 kilometer dan ini semata mata dilakukan untuk mendongkrak perekonomian di Jawa Barat,” pungkas Aher. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan