Yamaha Yakin Rebut Juara Tahun Ini

MADRID – Penantian Yamaha untuk meraih gelar juara dunia MotoGP sudah berlangsung selama dua tahun seiring dominasi Honda bersama pembalap fenomenalnya, Marc Marquez. Namun, bos Grup Yamaha, Kouichi Tshuji sangat yakin jika timnya tahun ini akan berhasil merebut tahta juara entah dari Valentino Rossi atau Jorge Lorenzo.

Yamaha - MOTOGP
BERSIAP: Moto GP musim lalu dimenangkan oleh rider dari Honda, Marc Marquez. Namun, tahun ini Yamaha yakin bisa memenangkan musim 2015.

Sebagai informasi, Yamaha baru saja meluncurkan motor YZR-MI pada Rabu (28/1) yang akan dipakai pada balapan musim 2015. Launching yang digelar di Kota Madrid, Spanyol ini, memamerkan motor Yamaha dengan banyak pengembangan teknologi terbaru yang dipercaya bisa memangkas jarak dengan Honda. Dua masalah utama Yamaha musim lalu yaitu di rem dan seemless gearbox untuk menurunkan gigi (downshifting), sudah disempurnakan di motor baru ini.

’’Tahun lalu ketika kami finis kedua pada delapan seri, perbedaan dengan Honda hanya sekitar dua detik. Balapannya sekitar 120 km jadi kami bekerja keras untuk memangkas jarak dua detik ini sebanyak mungkin. Dengan motor 2015 ini kami melakukan banyak hal. Jadi buar saya, jelas kami akan memiliki seorang juara dunia tahun ini. Kami adalah tim bagus dengan para pmebalap, teknisi yang bagus pula. Kita lihat nanti hasilnya,” ujar Tshuji seperti dilansir crash.

Rossi sendiri juga punya semangat yang sama dengan sang bos. Tapi, menurutnya, jika mau menyaingi Honda, mereka wajib meraih kemenangan di seri-seri awal. ’’Pastinya tiga balapan pertama akan sangat penting. Setelah Qatar kami akan melanjutkan di Austin yang lintasannya sulit. Tahun lalu kami dapat beberapa masalah di sana. Setelah itu kami ke Argentina, sirkuit yang saya sukai. Penting untuk meraih banyak poin di tiga balapan pertama dan kembali ke Eropa dengan berada di posisi yang bagus,’’ kata Rossi.

’’Kami harus mencoba kompetitif sejak awal dan mencoba memenangi balapan. Ini cara yang sempurna untuk berjuang di kejuaraan ini. Tahun lalu saya finis di posisi dua, yang tidaklah buruk tapi saya selalu tertinggal dalam pengumpulan poin dengan Marquez. Tahun ini kami harus lebih dekat lagi jaraknya,’’ pungkas Rossi. (dim/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan