Shaf Rapat Pertama Tarawih

CIPATAT – Umat muslim antusias menyambut Ramadan 1436 H/2015 M. Seperti dilakukan warga RW 016 Desa Ciptaraharja, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, kemarin (17/6). Mereka bergotong royong membersihkan Masjid Nurul Rohman pada H-1 puasa.

Dengan kondisi begitu, jamaah setempat merasa lebih khusyuk menunaikan ibadah selama sebulan Ramadan. ’’Bulan yang penuh ampunan ini harus disambut gembira,’’ ucap Imas Jubaedah, salah seorang pengurus Masjid Nurul Rohman kepada Bandung Barat Ekspres.

Terbukti, pada salat tarawih tadi malam, masjid dipenuhi jamaah. Anak-anak kecil pengajian sudah mulai mempersiapkan

beberapa kebutuhan untuk membangunkan sahur. Meskipun memang, mereka jarang ikut salat tarawih sampai selesai. Tapi, dari situ menjadi kesempatan untuk mengajarkan salat tarawih..

’’Tidak sedikit (mereka) yang hanya ingin ikut meramaikan salat tarawih. Teriakkan kata ’Amin’ setelah surat Alfatihah dari anak-anak terdengar paling keras,” ungkap dia.

’’Paling setelah hari ke-tujuh anak-anak mulai berkurang. Sehingga pada hari yang seterusnya, ibu-ibu berada pada shaf paling depan,’’ ucap Dedi Engkih, juga pengurus Masjid Nurul Rohman.

Pemandangan penuh dengan jamaah juga tampak di Masjid Agung Jawa Barat. Shaf terlihat rapat dan terisi sejak waktu salat maghrib tiba sampai tarawih. Jamaah keluarga maupun yang sendiri berduyun-duyun mendatangi masjid kebanggan warga Kota Kembang itu.

’’Ramai sekali. Tapi tidak apa. Nyari pahala. Semoga salat tarawihnya di Masjid Agung Jawa Barat semakin khusyuk,” ungkap Danang Cipta, 29, warga Arcamanik semalam.

Pria jangkung itu mengaku, sangat merindukan Ramadan. Karena itu, meski jauh dari Arcamanik untuk sampai ke Masjid Agung Jawa Barat, bukan kendala berarti. Bahkan, semakin semangat beribadah, sebab kawan-kawan satu pekerjaan juga ikut menuju masjid yang sama. ’’Ya habis salat tarawih kan kumpul sejenak sambil lihat suasana di Jalan Asia Afrika,” selorohnya.

Di Jakarta, ibadah tarawih dipusatkan di Masjid Istiqlal. Presiden Joko Widodo ikut salat tarawih perdana di masjid terbesar se Asia Tenggara itu.

Secara umum pelaksanaan salah tarawih hari pertama di Masjid Istiqlal berlangsung tertib. Penjagaan kedatangan Presiden Jokowi tidak sampai mengganggu jamaah secara umum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan