Satpol PP Berhasil Jaga Ring 3

[tie_list type=”minus”]Jalan Asia Afrika Masih Ditutup[/tie_list]

SUMUR BANDUNG – Pembagian pengamanan perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA) dibagi ke dalam tiga ring. Polisi Pamong Praja Kota Bandung dilibatkan untuk menjaga di ring tiga. Sedangkan, ring dua oleh Polda dan ring tiga oleh Paspampres.

Kepala Satpol PP Kota Bandung Eddy Marwoto mengatakan, sebagai pasukan penegak Perda, pihaknya sudah menerjunkan 90 personel. Mereka ditempatkan di titik-titik yang memang jadi tugas pokoknya. ’’Kita berada di ring tiga menghalau PKL, gepeng dan menghalau apapun yang berkaitan dengan keamanan, keindahan dan ketertiban (K3),” tuturnya kepada wartawan di Gedung Merdeka kemarin (24/4).

Selain itu, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan kewilayahan untuk memberikan imbauan kepada para PKL yang ada di semua ring. Sebab, semua area penjagaan harus steril dari pedagang. Satpol PP juga menghalau warga yang hendak berfoto ke area ring 2 dan ring 1. ’’Nah, tugas kita menghalau mereka jangan sampai masuk,” ungkapnya.

Menurut Eddy, sampai rangkaian acara KAA selesai kemarin (24/4), keadaan tetap kondusif. Tidak ada hal-hal yang tidak dinginkan. Namun, pihaknya tetap mengimbau kepada personel Satpol PP dalam menjalankan tugasnya harus selalu mengedepankan tindakan persuasif dan sisi kemanusiaan. ’’Tidak diperkenankan melakukan tindakan kasar terhadap warga Kota Bandung yang mau masuk ke ring tiga. Secara lisan maupun perbuatan,’’ tegasnya. Adapun hari ini (25/4) Jalan Asia Afrika masih tetap ditutup. Pasalnya, akan digelar rangkaian kegiatan lanjutan, yaitu pawai dan karnaval.

Sementara itu kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, rapat untuk karnaval KAA ini berlangsung hingga sore hari kemarin (24/4). Dalam rapat yang dihadiri sejumlah guru dan panitia ini, disbudpar memberi penjelasan mengenai zonasi karnaval dan ketentuan kostum. Pasalnya, lebar Jalan Asia Afrika hanya 8 meter setelah dikurangi barikade besi. Sehingga, lebar kostum untuk peserta karnaval tidak boleh lebih dari 7 meter.

Kemudian, mengenai zonasi, karnaval KAA ini terbagi ke dalam empat zona. Zona 1; Jalan Asia Afrika, Simpang Lima, dan Jalan Embong. Zona 2; Jalan Asia Afrika, Jalan Embong, dan Jalan Tamblong. Zona 3; Jalan Asia Afrika, Jalan Tamblong dan Cikapundung Barat. Zona 4; Pertigaan, Cikapundung Barat, dan Braga pendek. Panitia karnaval menyiapkan Zona 2 sebagai area kuliner.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan