Sah, Gibran-Selvi Plong

SOLO – Persiapan pernikahan relatif panjang terbayar dengan ijab kabul Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda yang berjalan mulus kemarin (11/6). Sejak itu, pasangan putra sulung presiden Jokowi dan putri Solo 2009 ini sah menjadi suami istri.

Pernikahan GIBRAN SELVI- bandung ekspres
JP PHOTOSESUAI ADAT: Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda melakukan sungkeman kepada orangtua Gibran, Presiden Jokowi dan Iriana.

Selvi tiba ke gedung Graha Saba Buana pukul 08.20 dengan mengendarai kereta kuda bersama kedua orang tuanya Didit Supriyadi dan Sri Partini. Selvi tampak cantik mengenakan kebaya putih dengan riasan khas pengantin adat Jawa. Lipstik merah menyala membuat wajahnya terlihat segar.

Sesaat kemudian, Gibran, Presiden Jokowi, dan keluarga besarnya menyusul dengan berjalan kaki. Pada barisan terdepan terdapat loro blonyo yang diperankan seniman Hari Genduk dan Thingtong. Berikutnya Hari Mulyono, adik ipar Jokowi dan paman Jokowi Setyawan Prasetyo.

Di belakangnya berturut-turut Gibran yang mengenakan beskap berwarna broken white dengan blangkon bermotif batik, Jokowi dan Iriana, disusul dua adik Gibran, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep, yang membawakan maskawin berupa seperangkat alat salat.

Kedatangan rombongan keluarga Jokowi juga diiringi gamelan Corobalen dan deretan pengiring berbusana karnaval Red Batik. ’’Makna dari loro blonyo, kalau sudah memasuki bahtera kehidupan, apapun godaan, rintangan, cobaan, dan tantangan, maka sebuah keluarga harus selalu tabah dan kuat serta tegar menghadapinya. Sedang Gamelan Corobalen dengan irama yang rancak bermakna bahwa semangat hidupnya harus tetap tinggi,’’ papar budayawan Solo Mufti Raharjo menjelaskan simbol-simbol penyambutan.

Setelah kedua mempelai beserta keluarga berkumpul di gedung Graha Saba Buana, akad nikah yang dipimpin Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarsari, Mukhtaroji dimulai tepat pukul 09.00. Selain bertugas menikahkan, Mukhtaroji juga didaulat menjadi wali hakim Selvi mewakili Didit Supriyadi. ’’Saya terima nikah dan jodohnya Selvi Ananda binti Didit Supriyadi untuk saya dengan mas kawin seperangkat alat salat telah saya bayar tunai,’’ ucap Gibran dengan mantap.

Ucapan Gibran itu langsung disahkan para saksi dari pihak mempelai pria, Ahyani selaku ketua RT lingkungan rumah Jokowi dan saksi mempelai perempuan Purboyono yang juga paman Selvi.

Tinggalkan Balasan