Peredaran Uang Dibatasi, Tiga Bulan Tak Digaji

Suyanti adalah TKI pertama yang masuk ke negeri yang tim sepak bolanya secara mengejutkan menjuarai Euro 2004 tersebut. Yakni, ketika pada 1998 dia diajak seorang agen untuk menjadi pramuwisma atau pembantu rumah tangga di Athena, ibu kota negeri tua yang kini dipimpin Perdana Menteri Alexis Tsipras.

Sejak itu, satu demi satu TKI masuk ke Yunani, negara yang sebelumnya tidak pernah menjadi destinasi para pencari kerja asal Indonesia. Awalnya Suyanti mengajak lingkaran keluarga seperti sepupu, keponakan, lalu tetangga-tetangganya.

Hendrik, suaminya, baru pada 2004 masuk ke Eropa melalui Belanda. Lalu, menuju Yunani yang tengah gegap gempita karena menjadi tuan rumah Olimpiade Athena. ’’Mayoritas dari kami masuk dengan visa turis. Jadi, izin tinggalnya sebenarnya sudah habis,’’ kata Hendrik.

Bapak dua anak itu mengakui, awalnya banyak yang enggan bekerja di Yunani. Alasannya, selain lebih jauh daripada negara-negara utama tujuan TKI selama ini, Yunani yang berada di kawasan Eropa bagian selatan menghadirkan cerita betapa panasnya Athena yang dikelilingi perbukitan tandus.

Realitanya memang demikian. Pada musim panas periode Juni hingga Agustus, suhu udara di Athena saat siang mencapai 40–42 derajat Celsius. Itu jauh lebih panas, misalnya, jika dibandingkan dengan suhu di kota-kota di Indonesia. Jakarta, contohnya, saat siang terik pun suhunya masih 34–36 derajat Celsius.

Karena itu, ketika masuk pertama ke Yunani, para TKI biasanya langsung mengucap janji hanya akan bekerja maksimal dua tahun. Setelah itu kembali ke Indonesia.

Tapi, seiring berjalannya waktu, banyak yang sudah belasan tahun menetap di Yunani masih kerasan dan belum ingin kembali ke Indonesia. ’’Yang membuat kerasan itu duitnya,’’ ucap Hendrik, lantas tertawa.

Di Yunani, rata-rata gaji pramuwisma sekitar EUR 800 (Rp 13,1 juta) hingga EUR 1.000 (Rp 16,3 juta). Selain pramuwisma yang menginap di rumah majikan, ada pramuwisma yang hanya bekerja beberapa jam. Yakni, untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan rumah, mencuci, dan menyeterika. Semacam buruh pocokan.

Untuk pramuwisma pocokan seperti itu, mereka bisa bekerja kepada dua majikan sekaligus. Caranya, pagi sampai siang di majikan A dan siang sampai sore di majikan B. Gajinya otomatis dobel.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan