Monumen Adipura Kurang Terpelihara

bandungekspres.co.id– Monumen Piala Adipura yang terletak di Komplek Gedung DPRD Kota Cimahi, dinilai kurang terpelihara, padahal monumen itu merupakan cikal bakal prestasi yang diraih Kota Cimahi dibidang kebersihan kota.

adipura cimahi
Bubun Munawar/Bandung Ekspres

KURANG DIRAWAT: Monumen Piala Adipura di lingkungan Gedung DPRD Kota Cimahi masih kurang terpelihara.

Tokoh masyarakat Kota Cimahi H. Asep Ruchiyat menyayangkan kurang terpeliharanya monumen Adipura yang diraih Cimahi saat masih berstatus Kota Administratif yang merupakan bagian dari Kabupaten Bandung.

”Monumen itu dibangun saat Wali Kota Administratif Cimahi dijabat oleh Didin Rochadin, elemen masyarakat Kotif Cimahi saat itu mengaku bangga dengan raihan Piala Adipura yang diberikan pemerintah,”sebutnya, kemarin (9/11).

Dia mengungkapkan, Kotif Cimahi merupakan cikal bakal berdirinya Kota Cimahi saat ini, karena lahirnya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah. Dalam UU 22 tersebut ada satu klausul yang menyatakan Kota Adminstratif bisa ditingkatkan statusnya menjadi kota atau lembali menjadi sebuah kecamatan

”Karena Kotif Cimahi merupakan cikal bakal berdirinya Kota Cimahi, maka sangat wajar apabila sebuah lambang prestasi yang diraih oleh Kotif Cimahi dipelihara keberadaannya, karena tidak mungkin ada Pemerintahan Kota Cimahi, jika sebelumnya tidak berdiri Kotif Cimahi,”jelas dia.

Asep berharap, kondisi monumen Adipura itu bisa lebih dipercantik dan dipelihara lebih baik lagi sebagai salah satu aset kebanggaan warga kota. Untuk itu dia berharap Pemkot Cimahi lebih meningkatkan penataan di monumen Adipura tersebut, karena merupakan salah satu bukti sejarah prestasi yang diraih Cimahi.

”Harusnya monumen itu diperindah dan dipercantik, karena merupakan lambang keberhasilan Kotif Cimahi saat itu, sebelum berubah status menjadi Kota Cimahi pada 2001 lalu,”katanya.

Sementara itu, Wali Kota Cimahi Atty Suharti saat rapat koordinasi persiapan penilaian kedua Piala Adipura yang berlangsung di Gedung A Pemkot Cimahi, beberapa waktu lalu mengatakan, dalam sejarah keikutsertaannya, Kota Cimahi pernah mendapatkan penghargaan Best Effort pada tahun 2005 juga empat kali mendapatkan anugerah Adipura pada periode tahun 2008–2009, 2009–2010, 2011–2012, dan 2012-2013.

Tinggalkan Balasan