Kewajiban hingga U-17

Dia menambahkan, di era sekarang yang sudah menjamur SSB-nya, tipis kemungkinan pemain dari daerah yang tidak melalui SSB. Sekarang informasinya udah sampai ke daerah. Beda pemantauan dulu dan sekarang. Sehingga penjaringan pemain bisa lewat SSB. Hal ini pun tidak bisa dijadikan acuan dalam  mencetak sepak bola profesional walaupun pemain tersebut termasuk alumni SSB.

Sepak bola merupakan olahraga yang menuntut kerja sama tim yang baik, maka dari itu setiap pemainnya dituntut untuk menguasai teknik dasar individu yang baik agar kerjasama antar pemain dapat terjalin dengan sempurna. Teknik dasar merupakan komponen yang penting dalam permainan sepak bola , namun dalam pembinaannya terkadang teknik dasar kurang mendapat perhatian khusus oleh para pelatih SSB. ”Saya mengeluhkan di SSB Bandung mengenai lemahnya teknik dasar  pemain usia dini di SSB Bandung,” ujar dia kepada Bandung Ekspres di kediamannya beberapa waktu lalu.

Indra merasa, teknik dasar yang dimiliki para pemain muda sangat lemah. Tim yang pemainnya memiliki banyak kelemahan dalam penguasaan teknik dasar maka akan banyak mengalami kesalahan. Ini kemungkinan berimbas pada kekalahan dalam pertandingan. Supaya menjadi pemain sepak bola yang baik, kata dia, seorang pemain harus dapat menguasai berbagai teknik dasar sepak bola , karena pemain sepak bola yang memiliki teknik dasar bermain yang baik cenderung akan dapat bermain sepak bola yang baik pula.

SSB tak ubahnya sekolah reguler yang tetap membutuhkan orang-orang yang paham dengan pengembangan pendidikan anak dan pengelolaan sebuah organisasi. SSB yang berkualitas biasanya memiliki struktur manajemen yang baik. Misalnya mereka memiliki kepala sekolah, head coach, asisten pelatih di berbagai level usia, bendahara, fisioterapis, sekretaris atau bahkan public relation.

Menurut peraih penghargaan pelatih terbaik se-Asia ini, SSB seharusnya mempunyai lapangan dengan ukuran standar FIFA plus kualitas rumput yang memadai. Sementara fasilitas lain seperti ruang ganti pemain, lampu stadion, atau fitness centre bisa menjadi pertimbangan sekunder. Selain lapangan, kelengkapan peralatan juga sangat menentukan. SSB yang berkualitas akan menyediakan semua. Mulai dari perlengkapan latihan hingga pertandingan resmi, seperti tone, ketersediaan bola, kostum latihan, dan kostum pertandingan dalam jumlah memadai sangat penting.

Tinggalkan Balasan