Kemendikbud Bersikukuh

Ingin Nilai Unas Jadi Pertimbangan Kelulusan SNM PTN

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ngotot agar nilai ujian nasional (unas) kembali dimasukkan dalam pertimbangan kelulusan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). Upaya ngotot Kemendikbud itu disampaikan Sekretariat Pokja sekaligus Humas SNM PTN Bambang Hermanto.

KEMENDIKBUD - bandung ekspres
BERDISKUSI: Suasana kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMA. Beberapa bulan lagi, siswa SMA akan menjalani Ujian Nasional (Unas). Terkait dengan hal ini, Kemendikbud ngotot ingin nilai Unas jadi pertimbangan kelulusan SNM PTN.

’’Panitia SNM PTN diundang lagi oleh Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan) Kemendikbud Rabu depan (18/2),’’ katanya di sela seminar masuk PTN oleh Bimbingan Tes Alumni (BTA) 8 di Jakarta kemarin.

Menurut Bambang, ada banyak pertimbangan kenapa Kemendikbud berupaya keras supaya nilai unas menjadi pertimbangan kelulusan SNM PTN. Pertama adalah aturan dalam Permenristek-Dikti tentang penerimaan mahasiswa baru. Dalam peraturan itu, pertimbangan penerimaan mahasiswa baru melalui SNM PTN berdasarkan prestasi akademik.

’’Nilai unas bisa ditafsirkan sebagai prestasi akademik. Padahal PTN menggunakan nilai rapor,’’ jelas dia.

Alasan lain yang menjadi pertimbangan Kemendikbud tetap ngotot kepada PTN adalah, mereka sudah terlanjur keluar uang besar untuk penyelenggaraan unas. Anggaran penyelenggaraan unas tahun ini hampir Rp 600 miliar. Kemudian Kemendikbud juga sudah terlanjur menyiapkan pelaksanaan unas dengan sistematis. Lalu Kemendikbud juga sudah terlanjur merekrut banyak elemen untuk menjadi panitia ujian tahunan itu.

 ’’Dengan beberapa pertimbangan itu, tentu ada rasa eman (kecewa, red) jika unas tidak dipakai sebagai pertimbangan kelulusan SNM PTN,’’ jelas dia. Apalagi tahun ini unas juga sudah kehilangan tajinya sebagai indikator penentu kelulusan siswa.

Terkait pertemuan dengan unsur Kemendikbud Rabu nanti, Bambang menjelaskan posisi nilai unas dalam kelulusan SNM PTN saat ini mengambang lagi. Jika dalam pertemuan nanti terjadi deal antara Kemendikbud dengan panitia SNM PTN, tidak menutup kemungkinan nilai unas menjadi pertimbangan kelulusan SNM PTN.

Bambang meminta para siswa calon peserta unas untuk fokus belajar menyelesaikan ujian. Dia berharap para siswa tidak terpengaruh dengan isu atau kabar simpang siur posisi nilai unas dalam SNM PTN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan