Dede Yusuf: Stop Kirim PRT ke Timur Tengah!

BANDUNG – Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi meminta pemerintahan Jokowi melakukan moratorium pengiriman TKI informal ke Timur Tengah. Karena kebijakan itu sejalan dengan pemerintah sebelumnya saat masih dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

”Sejak zaman SBY sudah dilakukan, mungkin saat ini Pak Menteri meminta persetujuan dari DPR untuk memperkuat posisinya,” kata Dede kepada media, Jumat (20/3).

Dia mengatakan, dari sekian banyak TKI yang dikirim ke Timur Tengah umumnya banyak masalah. Karena yang dikirim adalah pembantu rumah tangga yang notabene pekerja informal. Hal ini, yang kemudian melandasi adanya moratorium ke sana.

”Kalau yang mau diperpanjang, silakan. Tapi untuk mengirim lagi yang baru di sektor rumah tangga ke sana (Arab Saudi) mungkin tidak ada,” katanya.

Dede mengatakan, selama ini para TKI yang ada di Korea, Taiwan, Jepang, Hongkong, Singapura, dan Malaysia boleh dikatakan cukup mudah untuk diawasi.

”Namun kondisi ini tidak bisa dijalankan di Arab Saudi. Karena mereka beranggapan, bila mempekerjakan seseorang di rumah mereka, itu berarti milik mereka. Nah ini yang perlu diantisipasi dan dilindungi, TKI kita itu bekerja bukan jual beli,” tuturnya. (adv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan