Bandung Didukung World Bank

bandungekspres.co.id – Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kota Bandung terpilih dalam proyek percontohan open contracting pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Dalam hal ini, World Bank tidak sungkan mendukung unit yang ada di bawah naungan Bagian Pembangunan dan Sumber Daya Alam (SDA). Sebab, Pemkot Bandung dipilih sebagai pilot project-nya.

Kepala ULP yang juga Kepala Bagian Pembangunan dan SDA Pemkot Bandung Dedi Sopandi mengatakan, terpilihnya Kota Bandung sebagai proyek percontohan open contracting di Indonesia, bukan tanpa alasan. Sebab, ULP Kota Bandung diakui pihak lain memiliki kelebihan dalam hal open contracting dibandingkan kabupaten atau kota lainnya.

Dedi menjelaskan, daerah lain dalam merealisasikan open contracting sebatas lelang di atas Rp 200 juta. Tetapi Kota Bandung melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), mampu melaksanakan lelang proyek dengan nilai mencapai puluhan miliar.

’’Melalui BIRM, Kota Bandung melaksanakan tender penuh keterbukaan. Data lelang hingga data informasi pengadaan, bahkan kegiatan lewat pemilihan dan penunjukan langsung. Dengan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan di LKPP sudah terintegerasi dengan BIRM,” tukas Dedi.

Sebelumnya, Open Contracting Team Leader World Bank Marcela Rozo mengatakan, dukungan World Bank kepada Kota Bandung termotifasi oleh prestasi ULP. Melalui tata cara kerjanya yang efektif, efisien dan transparan dalam menggunakan data-data pengadaan. Terutama, dalam mengedepankan pelayanan yang lebih baik.

Marcela menguraikan, open contracting merupakan sistem keterbukaan informasi dalam hal transparansi serta akuntabilitas berkaitan kontrak yang berhubungan dengan pengadaan barang dan jasa di pemerintahan. ’’Sistem tersebut berguna untuk mencegah terjadinya penyimpangan atau korupsi,” jelasnya.

Pemkot Bandung selama ini, sudah menerapkan keterbukaan informasi yang berkaitan dengan kontrak. Hal itu diterapkan, baik melalui lelang umum serta pengadaan atau penunjukan langsung, dengan sebuah sistem bernama Bandung Integrated Resources Management System (BIRMS). ’’World Bank mendukung penuh atas semua usaha yang dilakukan Pemkot Bandung,” imbuh Marcela. (edy/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan