Bakal Masuk Muri

[tie_list type=”minus”] Gotong Royong Membersihkan Sampah Terbanyak dan Terpanjang[/tie_list]

 LEMBANG – Jelang Hari Jadi Kabupaten Bandung Barat, sejumlah kegiatan akan dilakukan. Salah satunya, menargetkan pemecahan rekor Musium Rekor Indonesia (Muri) dengan melakukan gotong royong pembersihan jalan dari Kecamatan Lembang hingga Kecamatan Rongga yang berbetasan dengan Kabupaten Cianjur. Diperkiarakan, panjang jalan yang akan dibersihkan mencapai 79 kilometer. Hal ini diungkapkan Bupati Bandung Barat Abubakar di Lembang kemarin (21/5).

Gotong Royomg Kebersihan - bandung ekspres
ISTIMEWA

BERSIH-BERSIH: Sejumlah warga tengah membersihkan jalan desa. Menyambut HUT Kabupaten Bandung Barat (KBB) ke-8, Pemda KBB merencanan mendaftarkan program gotorng royong bersih-bersih terbanyak ke Muri.

Gerakan gotong royong membersihkan jalan dari sampah, sekaligus membersihkan seluruh drainase jalan akan diikuti puluhan ribu orang. ”Pelaksanaannya akan dilakukan pada 1 Juni mendatang yang melibatkan puluhan ribu warga,” kata Abubakar.

Ruas jalan yang dibersihkan meliputi wilayah Kecamatan Lembang, Parongpong, Cisarua, Ngamprah, Padalarang, Batujajar, Cihampelas, Cililin, Sindangkerta, Gununghalu, dan berakhir di Rongga. Setiap kecamatan akan mengerahkan warganya, seperti Kecamatan Lembang akan menerjunkan sekitar 14 ribu orang. Setiap orang memiliki tugas membersihkan satu meter jalan dan drainase.

Gotong-royong pembersihan jalan, lanjut bupati, merupakan ide inovasi dari para camat. Mereka ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dalam menyambut atau memperingati HUT KBB yang ke-8 tahun.

”Untuk memantau pelaksanaan gotong royong pembersihan jalan dari udara bekerjasama dengan Sesko AU. Kami ingin melihat dari udara antusiasme warga di dalam membangun semangat gotong royong membersihkan jalan dan drainasenya,” ujarnya.

Kegiatan membersihkan badan jalan sepanjang 79 kilometer dengan melibatkan puluhan ribu orang ini bakal menjadi yang terpanjang dan terbesar di Indonesia. Bupati berharap sikap gotong royong dan kepedulian masyarakat KBB tersebut dapat dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri).

Selain membersihkan badan jalan, sejumlah kecamatan akan membuka layanan masyarakat tanpa hari libur. Artinya, Sabtu dan Minggu yang merupakan hari libur tetap akan memberikan pelayanan seperti hari kerja. ”Kecamatan Cihampelas menawarkan membuka pelayanan Sabtu dan Minggu dalam rangka memeperingati HUT KBB. Inovasi dan ide-ide semacam inilah yang sangat dibutuhkan masyarakat ketika KBB

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan