Puskesmas di Cianjur Dapat Akreditasi Madya

CIANJUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur menyebutkan sejumlah puskesmas yang menjalani penilaian akreditasi sudah mendapatkan hasilnya. Puskesmas tersebut mendapatkan akreditasi madya.

“Puskesmas Gunung Bitung dan beberapa puskesmas lain sudah keluar hasilnya, alhamdulillah dapat madya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar, kepada Cianjur Ekspres, Rabu (6/2).

Dia pun mengklaim, dengan telah dilakukannya penilaian dan keluar hasil akreditasi, Cianjur bakal menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang menuntaskan akreditasi untuk semua puskesmas. Bahkan akreditasi seluruh puskesmas bisa lebih dipercepat dibandingkan target sebelumnya.

Dia mengatakan, pada pertengahan 2018 total puskesmas yang terakreditasi sudah 30 dari total 45 Puskesmas se-Cianjur. Ternyata, hingga akhir tahun, puskesmas lainnya mempercepat persiapan untuk juga turut mengikuti akreditasi.

Menurutnya, Puskesmas Sukamahi di Kecamatan Sukaresmi menjadi yang terakhir menjalani akreditasi. Hal itu membuat seluruh puskesmas sudah diakreditasi.

Dia mengatakan, pada awalnya penilaian akreditasipuskesmas ditargetkan tuntas pada 2019. Namun kesiapan dari setiap puskesmas ternyata lebih cepat, sehingga di penghujung 2018, akreditasisudah seluruhnya.

“Ini karena adanya pendampingan dari tim di Dinkes. Selain itu, ada pemicu dimana sudah banyak puskesmas yang akreditasi, sehingga yang belum secepatnya menyiapkan diri. Hasilnya ternyata bisa di luar dugaan, target bisa tuntas lebih awal. Karena penilaian sudah di tahun lalu, dipastikan di tahun ini sudah keluar hasilnya sehingga semua sudah terakreditasi,” kata dia.

Dia mengatakan, percepatan tersebut bakal membuat Cianjur menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang menuntaskan akreditasi puskesmas. “Ini akan jadi prestasi dan capaian membanggakan lagi untuk Cianjur di bidang kesehatan,” kata dia.

Tresna menambahkan, setelah akreditss 45 Puskesmas, pihaknya akan membangun sejumlah layanan kesehatan di 2019. Di antaranya dua puskesmas baru di Cianjur Selatan. Keduanya akan digenjot agar bisa segera siap diakreditasi usai pembangunan dan pemenuhan fasilitas.

“Kalau yang sudah ada kan tuntas, nanti ada lagi puskesmas yang sedang dan akan dibangun. Semoga itu juga bisa selesai segera dan secepatnya terakreditasi,” pungkasnya.(bay/sri)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan