Pemkab Anggarkan Rp 3,5 M untuk Masjid

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar untuk melanjutkan pembangunan Masjid Agung Ash-Shiddiq yang berlokasi di Desa Mekarsari Kecamatan Ngamprah. Anggaran tersebut akan difokuskan pada pembangunan satu menara, penataan halaman dan area parkir.

“Anggaran tersebut bersumber dari APBD kabupaten untuk melanjutkan pembangunan menara masjid dan area parkir. Sebetulnya ingin membangun dua menara tapi kita sesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang ada sehinga satu dulu. Secara umum, fisik masjid sudah selesai hanya tinggal penataan di luar saja,” kata Kepala Bidang Penataan Bangunan Gedung, Permukiman, dan Jasa Konstruksi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang KBB, Yoga Rukma Gandara di Ngamprah, Rabu (16/1).

Yoga menyebutkan, selain menara dan area parkir, hal lainnya yang akan dibenahi terkait dengan ketersedian air serta penerangan di toilet. Sebab, tidak sedikit banyak orang yang mengeluhkan persoalan air dan fasilitas penunjang di toilet yang harus diperbaiki. “Masukan soal air dan lain-lain akan kita sampaikan juga agar diperbaiki di tahun ini. Termasuk kami juga akan membeli karpet baru agar memberikan kenyamanan bagi jamaah,” terangnya.

Selain itu, sebut dia, pemerintah juga menganggarkan Rp 2 miliar tambahan untuk menata akses jalan masuk serta drainase di area masjid. “Anggaran Rp 2 miliar ini masuk pada anggaran infrastruktur penataan perkantoran Pemkab Bandung Barat (di luar yang Rp 3,5 miliar), karena jalannya harus dicor dan drainase juga harus dibenahi agar tidak banjir. Harapannya ke depan dari mulai akses jalan, area parkir, halaman, aman bisa jauh lebih nyaman dan indah,” ungkapnya seraya menyebutkan lelang dan dimulai awal Maret dan pembangunan ditargetkan di bulan April.

Menurut Yoga, jika seluruh fisik dan infrastruktur masjid sudah rampung. Hal yang cukup berat untuk dikerjakan yakni persoalan pemeliharaan masjid. Sebab, pemeliharaan ini anggarannya lebih besar setiap tahunnya. “Saya kasih contoh, untuk mengecat masjid saja secara ke seluruhan itu bisa menghabiskan anggaran sebesar Rp 700 juta. Belum lagi pemeliharaan lampu, air, dan fasilitas lainnya,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan