Kota Bandung Berangkatkan 2.605 Calon Jamaah Haji

BANDUNG – Kota Bandung memberangkatkan 2.605 Calon Jamaah Haji (CJH), di Masjid Pusdai Jawa Barat, Jalan Diponegoro No. 63 Bandung, Senin (1/7/2019). Pemberangkatan diresmikan Wali Kota Bandung Oded M. Danial sekaligus memberikan pengarahan bimbingan manasik haji dan melepas CJH Kota Bandung Tahun 1440 H/2019 M.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengungkapkan, Pemkot Bandung telah mengalokasikan biaya transportasi pemberangkatan dan pemulangan jamaah dari embarkasi Asrama Haji Bekasi.

”Pemkot Bandung melalui dana hibah mengalokasikan biaya transportasi pemberangkatan dan pemulangan calon jamaah haji Kota Bandung menuju embarkasi asrama haji untuk pemberangkatan dan dari embarkasi Halim Perdana Kusuma ke Asrama Haji Bekasi menuju daerah asal Kota Bandung,” jelas Oded.

Kepala Sesi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kota Bandung Khotimulmanan menambahkan, kuota calon jamaah Haji Kota Bandung 2019 sebanyak 2.605 orang. Jumlah itu ditambah Tim Pemandu Haji sebanyak 51 orang yang terbagi dalam 10 kloter dua kali pemberangkatan.

”Sebelum keberangkatan para jamaah, sudah beberapa kali melakukan latihan manasik, latihan itu sendiri dibagi menjadi dua lokasi, pertama di KBIH, bagi kedua mengikuti bimbingan di berlokasi di KUA tingkat Kementerian Agama Kota Bandung,” jelas Manan.

Manan mengungkapkan, persiapan keberangkatan Calon Jemaah Haji Kota Bandung sampai pada tahap bimbingan dan menyiapkan dokumentasi sekaligus mengatur dan menyiapkan keberangkatan calon jamaah tersebut sebagaimana perintah Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat.

Dia menjelaskan, sejauh ini pihaknya hanya menunggu kepastian jadwal keberangkatan. Sebab, dia menerima kabar ada perubahan jadwal.

”Kalau jadwal sebelumnya tanggal 7 Juli 2019 mendatang, hanya saja waktu sudah sangat mendesak dan jadwal keberangakatan haji tidak bisa lama-lama, sementera untuk sekarang mengacu pada jadwal sebelumnya,” urainya.

Persiapan selanjutnya berkenaan dengan dokumentasi kesehatan CJH, kata Manan, Jamaah harus mendapatkan surat keterangan sehat yang resmi dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung dan sebagai syarat pelunasan BPIH.

Sementara itu, dr. Danny MT selaku tim medis pada saat pelaksanaan ibadah haji menjelaskan, kondisi kesehatan calon jemaah sejauh ini belum dipastikan baik. Sebab masih menunggu hasil Premanifest dari Dinas Kesehatan.

Tinggalkan Balasan