Kirmir Jebol, Ratusan Rumah Terendam Banjir

BANDUNG- Ratusan rumah di RW 09 dan 10 Kompleks Pasir Pogor, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung terendam air lantaran kirmir Sungai Cicadas jebol pada Selasa (12/2) sore.

Lurah Mekarjaya, Tati Rohayati mengatakan jebolnya kirmir Sungai Cicadas akibat dari derasnya debit air sungai lantaran sejak sore Kota Bandung diguyur hujan deras.

“Akibatnya ratusan rumah terendam air. Kondisi kirmir udah lama dan tua, selama ini sudah tiga kali terakhir pada tahun 2017. Untuk ketinggian air yang merendam rumah warga sekitar 60 cm sampai satu meter,” katanya, kemarin.

Dalam peristiwa ini, sambungnya tidak terdapat korban jiwa hanya saja sebanyak ratusan rumah tergenang. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait agar segera memperbaiki kirmir yang jebol.

“Kami langsung hubungi dinas terkait, DPU dan BBWS juga. Tidak ada korban jiwa cuma rumah dan alat rumah tangga ada yang rusak. Kami pun telah mengimbau warga,” terang Tati.

Sementara itu, salah seorang warga RT01 RW09, Inu,45, menyebutkan kirmir yang jebol terbuat dari batu bata. Ditambah dengan derasnya debit air membuat kirmir mudah jebol. Sedangkan ketinggian air yang merendam rumahnya mencapai 25 cm.

“Tinggi air di dalam rumah saya setinggi paha orang dewasa. Kalau yang di luar mencapai sekitar satu meteran, karena sebelumnya rumah saya sudah ditinggikan semeter,” pungkasnya. (bbs)

Tinggalkan Balasan