Arya Permana Jalani Operasi Bedah Plastik

BANDUNG – Usai menjalani operasi pengangkatan kulit bergelambir di lengan pada Rabu 24 Juli kemarin, Arya Permana (13) pasien eks obesitas asal Karawang, Jawa Barat sudah diijinkan pulang hari ini. Kondisi Arya secara medis sudah cukup baik, jahitan pada kulitnya sudah kering dan diperbolehkan pulang.

Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Nina Susana Dewi mengatakan, kondisi Arya secara medis sudah baik dan diperbolehkan pulang. Tetapi Arya masih harus menjalani kontrol kesehatan.

“Secara medis kondisi Arya sudah baik, lukanya sudah kering. Ya, nanti akan kontrol kesehatan lagi pada Kamis,” ujar Nina kepada wartawan di RSHS Bandung, Senin. (29/7)

Dia mengatakan, Arya tidak perlu menjalani diet khusus lagi dan cukup menjalankan apa yang sudah dianjurkan oleh dokter. Untuk itu, lanjut Nina dia berpesan agar keluarga menjaga kebersihan badan Arya dan lingkungan untuk terhindar dari infeksi.

“Perlu untuk menjaga kebersihan karena operasinya cukup luas, sehingga keberishan diharapkan supaya tidak terinfeksi” ujarnya.

Nina menuturkan, masih ada empat kali operasi lagi yang akan dijalani Arya. Mudah-mudahan sehat terus. Sehingga kedepan bisa menjalani operasi selanjutnya, dan Arya betul-betul obesitasnya tidak tampak lagi dan selanjutnya sehat.

Untuk sementara waktu, Arya belum diperbolehkan dokter untuk mulai bersekolah. Pihak keluarga akan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk proses belajar Arya nantinya.

Ade Somantri, 43, ayah dari Arya mengaku sangat bersyukur atas jalannya operasi yang dilakukan tim dokter terhadap Arya. Terlebih, Ade melihat tangan Arya sudah mengecil

“senang, ketika selesai melakukan operasi dan membuka perban, dia senang” ujarnya.

Sebelumnya, tim dokter berhasil mengangkat 1 kg kulit bergelambir pada lengan Arya usai menjalankan proses operasi selama 5 jam pada Rabu, 24 Juli lalu. Lama waktu pelaksanaan tahapan operasi meleset dari perkiraan. Sebab, tim dokter melakukan operasi kulit yang menggelambir dengan sangat hati-hati.

Kedepan Arya masih akan menjalani operasi bedah plastik untuk mengangkatan kulit bergelambir di bagian dada, perut dan bagian belakang. Jarak antara operasi kali dengan operasi berikutnya sekitar 3 sampai 4 bulan. (mg5/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan